Cara Mengganti Keyboard Laptop Lenovo G40

Cara Mengganti Keyboard Laptop Lenovo G40

Cara Mengganti Keyboard Laptop Lenovo G40

Mengganti Keyboard Laptop memang butuh keterampilan dalam membongkar Laptop, salah-salah melakukan pembongkaran bisa bahaya untuk komponen lain. Namun untuk kamu yang mempunyai laptop keluaran lama namun tidak terlalu lama, membongkar laptop memang lumayan mudah untuk dilakukan oleh orang awam sekalipun.


Berikut ini Tutorial untuk mengganti keyboard laptop sekaligus pembongkaran, entah itu untuk keperluan cleaning juga bisa dilakukan karena prinsipnya sama-sama dilakukan pembongkaran dalam.


Langkah-langkah yang perlu kamu persiapkan yakni :

  1. Siapkan obeng, entah itu obeng plus atau min, namun dengan ukuran yang kecil. Karena obeng plus terkadang tidak meruncing yang berakit pada gagalnya pemutaran obeng, oleh karena itu aku juga menyarankan menggunakan obeng min yang mata obengnya cukup kecil dan runcing. 
  2. Lepas baut yang ada di laptop dengan obeng, baut cover bagian bawah, terdapat dua baut untuk laptop lenovo seri G40, setelah terlepas baru buka Cover bagian bawah dengan cara menggeser ke bagian bawah / menggeser arah keluar.
  3. Lepas baterai laptop, sebenarnya tidak melepas baterai juga tidak masalah, namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka alangkah baiknya melepas juga baterai laptop.
  4. Langkah berikutnya lepas baut yang menghubungkan keyboard, biasanya ada tanda di bagian samping baut, berlogo keyboard. Dan biasanya juga menjadi satu dengan komponen motherboard, oleh karena itu jika obeng plus tidak dapat memutar baut, gunakan obeng min yang runcing agar bisa terangkat dengan mudah tanpa melakukan penekanan yang berlebihan.
  5. Balik posisi laptop ke posisi normal, kemudian bisa congkel keyboardnya, bisa menggunakan obeng min, atau jika ragu bisa menggunakan frame kartu perdana yang tidak terpakai. Atau bisa juga dengan bahan plastik keras yang elastis, sejenis kartu. tujuannya agar dapat mengangkat keyboard namun tidak melukai bagian dari laptop.
  6. Keyboard sudah terlepas dari bagian laptop, tinggal lepas kabel fleksibel keyboard, caranya lepas pengunci kabel, dengan mencongkel kuncian menggunakan tangan, tidak perlu tenaga karena mudah di lepas dengan mencongkel ke depan secara perlahan, baru setelah itu kabel fleksibel beserta keyboard bisa di angkat.
  7. Keyboard sudah terlepas, kamu bisa cleaning, karena biasanya bagian bawah keyboard laptop pasti banyak debunya. Gunakan blower kamera, atau di sapu dengan posisi di balik supaya debu langsung jatuh. 
  8. Pasang keyboard baru, pasang terlebih dahulu kabel fleksibelnya, pas kan ke bagian konektor, setelah pas langsung kunci konektornya. Setelah pas dan terkunci bisa langsung menerapkan keyboard ke posisinya, tekan keyboard agar dapat masuk tempatnya. Tekan secara menyeluruh agar tidak ada bagian keyboard yang masih di luar.
  9. Lakukan testing keyboardnya, hal ini dilakukan supaya kita mengetahui keyboardnya sudah berfungsi normal atau tidak, sebelum memasang kembali bautnya. Pasang baterai laptop dan nyalakan laptopnya, cek semua fungsi keyboard. Jika perlu lakukan testing secara online dengan masuk ke web keyboard testing. Jika tidak ada kendala dan semua normal, setelah itu matikan laptopnya.
  10. Pasang baut keyboard, dengan membalikkan posisi laptop. Putar hingga terasa mentog namun jangan telalu kencang. Untuk menghindari susahnya melepas baut jika suatu saat perlu pembongkaran kembali.
  11. Pasang cover bawah, kemudian pasang bautnya kembali. Lakukan hingga terasa mentog namun jangan terlalu mentog, karena bakal susah nantinya jika akan melepas cover untuk cleaning rutin.


Seperti itulah langkah-langkah untuk melakukan penggantian keyboard laptop lenovo seri G40, semoga bisa di praktekkan dan semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca dan apabila masih kurang paham, bisa cek video di bawah dan tonton hingga selesai. 


Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel