Bagaimana Cara Menjadi Reseller?

Bagaimana Cara Menjadi Reseller?

Bagaimana Cara Menjadi Reseller?


Sebelum menjadi Reseller, baiknya paham apa itu Reseller, dan bagaimana cara menjadi Reseller tersebut.

Reseller merupakan Bahasa Inggris, Re = Ulang,Kembali.  Seller = Menjual,Penjual,Jualan. Jika diartikan Reseller merupakan Menjual Kembali,Menjual Ulang, Penjual Ulang. Menjual kembali maksudnya menjualkan produk dari Supplier (yang punya produk awal) hingga ke Customer (pembeli produk) dengan harga yang sudah kita kelola sendiri. dalam Bahasa Indonesia Reseller berarti Pengecer.


Calo? Mungkin bisa diartikan demikian namun bahasa kerennya calo yakni Dropshipper.

Dropshipper dengan Reseller apa? Dropshipper menjualkan barang milik Supplier tanpa stok produk namun harus mengetahui kuantitas(banyaknya produk yang dijual) dari pihak Supplier. Sementara itu keuntungan yang diperoleh juga tidak beda jauh dari Supplier.


Sedangkan Reseller menjual ulang produk yang didapat dari Supplier dan bisa mengetahui kuantitas serta kualitas dari produk Supplier, biasanya sudah terjadi kesepakatan harga jual, dan stok produk yang menjamin. Keuntungannya sendiri kita bisa mendapat harga lebih murah dari Supplier dan kita sendiri yang mengatur keuntungannya. Kendala lain biasanya kita perlu membayar Administrasi untuk menjadi Member Reseller.

Biasanya Reseller membeli barang dari Supplier untuk dijadikan Stok. namun ada pula yang tidak perlu membelinya untuk dijadikan stok di tempat sendiri. Hanya bermain di penjualan saja namun bisa meManage produknya sendiri.


Namun tak perlu khawatir, karena semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menjalankan bisnis. Yang jadi khawatir ialah jika kita ingin dapat uang namun tidak mampu melihat peluang.


Oleh karena itu di artikel ini aku mau share tentang bisnis yang layak untuk Kita coba dengan topik Reseller.


Bagaimana Caranya Menjadi Reseller

Bagaimana Cara Menjadi Reseller?


  • Tentukan Produk atau Jasa

Dua hal yang bisa kita jadikan peluang bisnis ialah sebuah Produk atau Jasa

Langkah pertama yang perlu Kita persiapkan ialah dengan menentukan produk atau jasa yang ingin Kita jual, cari produk yang mudah, berpotensi, menghasilkan lebih cepat, menghasilkan lebih banyak atau gemari produk yang Kita suka.

Hal tersebut perlu Kita riset datanya terutama jika Kita ingin menjual produk dengan potensi menghasilkan lebih cepat atau lebih banyak keuntungannya.

Contoh misal dengan menjual produk yang cepat menghasilkan dan pasti laku ialah menjual produk yang selalu dibutuhkan orang-orang, Contoh Produknya : Sembako, Peralatan Rumah Tangga, Pulsa, Token Listrik, dll.

Menjual produk dengan keuntungan yang lebih banyak, contoh misal Kita menjual produk yang sulit dicari orang, atau dengan menjual produk yang memiliki value lebih. Namun menjual produk dengan keuntungan yang lebih besar akan memakan waktu yang lebih lama. Contoh Produknya : Alat-alat Spesifik, Tools Langka, Bahan Baku Langka. dll.

Jadi ada dua hal yang perlu Kita tentukan, yakni menjual produk dengan waktu yang cepat, namun keuntungan sedikit, atau menjual produk dengan keuntungan banyak namun dengan waktu yang tidak sebentar, tentunya semua di awali dengan Mulai aja dulu, siapa tahu Kita menguasai semuanya.

Jika pusing pilih yang mana, pilih saja produk atau jasa yang mudah untuk dijual, atau gemari produk yang Kita sukai. Contoh : pulsa, token, voucher game, skincare, dll.

Jika kamu tertarik menjadi Reseller Jasa, kamu juga bisa menjadi Reseller Sosial Media Management, yakni Jasa penambah Followers, Like, Comment, dll. Bisa daftar untuk menjadi Reseller SMM ResellerIndo.


  • Cari Supplier yang sudah terbukti dan terpercaya

Jika menentukan produk sudah Kita pilih, maka langkah selanjutnya ialah dengan Mencari Supplier, pastikan Supplier tersebut sudah terbukti dan terpercaya. 

Contoh misal Kita mencari Supplier secara Online baik itu di Marketplace atau lainnya, pastikan sudah memiliki rating yang tinggi, serta lihat ulasan dari Customer. Supplier yang terbukti dan terpercaya salah satunya bisa dilihat dari ulasan para Customer atau pembeli yang kemudian diikuti dengan rating dari toko Supplier tersebut.

Jika Kita mencari Supplier secara Offline, atau dengan Kita mendatangi langsung ke tokonya lebih bagus, tentunya Kita perlu riset dahulu, dari aktifitas toko tersebut dan juga aktifitas pembelinya. baru setelah itu Kita bisa datang dan melakukan pengajuan ijin untuk menjualkan kembali produknya.

Perkenalkan diri Kita, dan sampaikan jika ingin menjadi Resellernya, baru setelah itu calon Supplier akan memberi kesepakatan, dalam proses ini tentunya kembali ke pihak Supplier, bersedia mempersilahkan Calon Reseller menjual kembali produknya tanpa syarat atau dengan syarat.

Sudah pasti rata-rata pihak Supplier mempersilahkan Calon Reseller namun dengan syarat menjadi Member, yakni dengan membayar administrasi agar bisa menjadi Reseller. Namun tidak menutup kemungkinan dari pihak Supplier mempersilahkan menjualkan kembali produknya tanpa perlu membayar administrasi, lakukan Negosiasi untuk hal ini agar mendapat kualitas yang bagus.


  • Membuat Media Seller

Menetapkan produk sudah, Menemukan Supplier juga sudah, langkah selanjutnya siapkan tempat jualan, Buat Sebuah Media Seller (Penjualan), baik itu toko online di Marketplace, Akun Instagram, menggunakan akun Facebook, atau bahkan menggunakan nomor WA juga bisa, atau mungkin ingin menjualnya secara offline.

Namun kembali ke target Customer Kita, jika Kita hanya ingin menjual produk dari kontak WA maka calon pembeli yang di dapat dari link rekomendasi orang-orang pengguna sosmed chatting tersebut, hingga melakukan penjualan secara offline. Dan jika membangun tempat jualan ke Akun Facebook dan Instagram serta Sosmed sejenis yang sudah mendukung Bisnis, maka jangkauannya juga lebih luas dan potensi penjualannya juga lebih bagus. Kemudian jika di Marketplace akan lebih luas lagi dan prospek kedepan lebih bagus karena di Marketplace memang tempatnya bisnis apapun ada dan segala macam tools sudah mendukung untuk hal tersebut.


  • Branding

Jangan lupakan penamaan bisnis, bisnis yang bagus ialah bisnis yang mempunyai nama yang jelas, professional, dan mudah dalam segala hal untuk kebutuhan Customer. Branding merupakan cara agar Customer kembali lagi untuk membeli di toko Kita, dengan cara membuat tempat jualanmu memiliki value lebih serta mampu memenuhi kebutuhan dan perasaan Customer. 

Customer akan senang dan yakin jika membeli produk dari sebuah Toko yang memiliki nama, desain, dan kualitas yang bagus dalam menyajikan produk. 

Oleh karena itu, perhatikan branding dari produk Kita, jangan hanya jualan saja tanpa memikirkan bagaimana Customer tersebut mau kembali, atau minimal tahu bahwa Kita menjual produk ini (produk atau jasa yang Kita jual) dan memberikan value lebih, tentunya branding akan menghasilkan link yang lebih luas lagi, karena mudah untuk toko Kita di rekomendasikan orang-orang atau calon Customer Kita.


  • Pelajari Teknik Marketing

Mempelajari teknik marketing memang kunci dari sebuah bisnis, terutama Reseller, untuk menjadi Reseller tentunya wajib paham akan peluang dan keuntungan, mendapat keuntungan sedikit atau banyak tentunya perlu proses dan uji coba marketing.

Oleh karena itu sebagai calon Reseller kita wajib menghitung semua yang sudah kita gambarkan, bagaimana menentukan produk atau jasa, bagimana menemukan Supplier yang di percaya, bangun sebuah toko diiringi dengan branding yang bagus, melakukan strategi penjualan, eksekusi, dan hasilkan profit.

Jika punya budget lebih tentunya mulai dengan membuat iklan, lakukan sponsor, pasang iklan, supaya bisnis kamu lebih dikenal banyak orang.

Jika belum ada budget, buat sebuah sosial media yang potensi penggunanya luas, seperti Tiktok, Twitter, dll. ikut serta melakukan komen di akun-akun yang sedang ramai, buat sebuah komen yang menarik agar orang lain tertarik melihat akun yang sudah dibuat sebelumnya dengan menerapkan teknik Branding (pasang foto jualan,dll).


Semua butuh proses, semua perlu belajar, namun jangan jadikan kendala itu hambatan untuk kita melangkah kedepan menghasilkan cuan, belajar untuk melihat peluang, bangun motivasi, bangun bisnis karena kita perlu uang untuk membiayai kehidupan, bukan hanya untuk ikut-ikutan tren kekinian.

Semua bisa jika kita mau mencoba, semua bisa dapat uang jika kita mau mencari peluang, namun tidak semua bisa kompeten jika kita tidak bisa konsisten.

Mulai aja dulu, jadi Reseller sekarang juga, agar bisa menjadi Supplier kedepannya, dan seterusnya.


Masih bingung? Mbah google solusinya. gak punya modal untuk menjadi member Reseller? Dropship aja, dropship tentunya lebih hemat biaya, yang terpenting mampu melihat peluang. dan selamat, Kita bisa menjadi keduanya setelah itu, dan kedepan tentunya bisa menjadi Supplier, dan seterusnya, hingga Bisnis Owner.amin.


Mungkin itu saja Tips dan Trik yang bisa aku share, semoga bisa membantu Kamu untuk menggambarkan apa yang ingin didapatkan dan apa yang ingin diusahakan. 

Terima kasih telah membaca artikel ini dan baca juga artikel acrasena lainnya.


Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel