Kiat Aman Bertransaksi Via Internet Banking

Kiat Aman Bertransaksi Via Internet Banking

Kiat Aman Bertransaksi Via Internet Banking

Kiat Aman Bertransaksi Via Internet Banking 

Semakin berkembangnya IT (Informasi Teknologi) membuat orang semakin mudah untuk bertransaksi, termasuk soal transaksi keuangan. Tak terkecuali penyedia jasa keuangan seperti perbankan yang memanfaatkan teknologi ini.


Fasilitas ini dikenal dengan sebutan Internet Banking. Dengan adanya fasilitas ini, nasabah tidak perlu ke bank dan melakukan antrian untuk bertransaksi seperti mentransfer uang, cek saldo, atau melakukan pembayaran tagihan listrik, air, internet, serta belanja online. Kamu cukup mengaksesnya lewat internet dan semua akan beres, tentunya jika saldo kamu cukup ya.

Baca Juga : Cara Menjual Emas Tamasia ke Rekening Bank


Kelamahan Sistem Internet Banking

Namun selalu saja ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang akan memanfaatkan kelemahan dari sistem yang di gunakan oleh pihak perbankkan untuk mengambil keuntungan nasabah yang “lemah” karena kurangnya pengetahuan nasabah akan transaksi elektronik melalui internet.


Bagi kamu yang menggunakan fasilitas Internet Banking, tidak usah khawatir dengan isu tersebut, karena selama kamu memahami kiat aman bertransaksi via internet banking, setidaknya kamu bakal aman dalam menggunakan fasilitas digital tersebut.


Berikut Tips nasabah yang menggunakan Internet Banking

  • Pastikan kamu mengakses nama domain bank kamu dengan tepat (karena dalam beberapa kasus, ada saja orang yang berhasil mengkloning situs bank tertentu sehingga tampilannya 100% sama) namun mereka tidak bisa mengubah nama domain karena setiap nama domain pasti berbeda.
  • Jangan pernah memberitahu atau menuliskan Username dan Password kamu di tempat yang kemungkinan dengan mudah di baca oleh orang lain.
  • Gunakan Password dengan kombinasi huruf dan angka serta kombinasi huruf besar dan kecil, jangan gunakan password dengan nama atau tanggal lahir kamu. Contoh : Kurb4nP3rasaaN
  • Jika kamu merasa PC atau Laptop kamu tidak aman dari Virus Malware maupun Spyware, sebaiknya kamu menggunakan Virtual Keyboard.
  • Dan Pastikan bank kamu menyediakan Token atau SMS Token bagi kamu pengguna Internet Banking. SMS Token ialah kode rahasia berupa On Time Password (OTP)

Baca Juga : 

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel