Bagaimana Cara Mewaspadai Toko Online Sosmed Instagram Agar Tidak Kena Tipu

Bagaimana Cara Mewaspadai Toko Online Sosmed Instagram Agar Tidak Kena Tipu

Bagaimana Cara Mewaspadai Toko Online Sosmed Instagram Agar Tidak Kena Tipu

Siapa yang tidak kenal Instagram, sebuah sosial media yang sekarang banyak sekali para penggunanya, terlebih sejak Instagram di akuisi oleh Facebook. Instagram bagiku sebuah platform digital yang mengedepankan tampilan atau visual, sehingga kita sangat mudah untuk menyukainya, terlebih banyak sekali konten-konten yang menarik untuk dilihat bahkan scroll terus sampai menemukan apa yang kita cari.


Nah lalu bagaimana dengan suatu tampilan itu menarik dan menjadi sebuah hasrat untuk kita punyai juga? Tentunya ada berbagai konten bergambar yang bakalan memanjakan mata kita hingga kemudian kita ikut tertarik untuk memilikinya.


Biasanya, konten-konten semacam ini sudah pasti konten yang mengedepankan bisnis atau penjualan. Tidak seperti waktu dimana Instagram belum mempunyai fitur marketplace, namun kini Instagram sudah memiliki fitur demikian sama seperti yang mengakuisisinya yakni Facebook.


Banyaknya metode bisnis yang kini diterapkan dalam sebuah aplikasi sosial media, yang menguntungkan para pihak penjual maupun pembeli. Penjual yang kini bisa asyik bermain sosmed sekaligus berjualan ataupun branding diri sekaligus juga bisnis, sedangkan pembeli tidak perlu repot jauh-jauh ke aplikasi lain karena mereka menerima konten yang bermanfaat sekaligus bisa ikut membeli dan merasakan sendiri.


Namun tidak menutup kemungkinan juga dari pihak penjual tidak amanah ataupun melakukan unsur penipuan, nah ini yang harus kita waspadai sebagai pembeli yang ingin melakukan pembelian di sebuah sosial media.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui atau setidaknya mewaspadi hal-hal semacam ini ?

Oleh karena ini mari kita belajar untuk dapat menerapkan hal-hal berikut ini :


  • Perhatikan Jumlah Followers dan Like 

Perlu di perhatikan yakni kredibelitas dari toko online tersebut, memang sekarang banyak jasa penambah followers maupun like, bahkan testimoni juga, oleh karena itu langkah pertama yang harus kita perhatikan sudah pasti hal-hal yang nampak tersebut. 

Untuk followers, perhatikan baik-baik dan klik untuk melihat rata-rata followers tersebut, apabila banyak followers yang abal-abal atau jarang posting bahkan tidak memiliki postingan, biasanya itu hasil dari followers beli. Dan jumlah likenya pun juga sama, perhatikan followers dan likernya, 

Lalu untuk sebuah testimoni, perhatikan kualitas gambar tersebut, apakah benar-benar hasil screenshoot sendiri atau hasil dari editan.

Hal semacam ini memang mudah untuk di akali, namun kepekaan kitalah yang bakal menentukan kita sedang ingin bertransaksi ke toko online yang tepat atau tidak.


  • Sebaiknya menggunakan metode Rekening Bersama

Ketika kita hendak membeli barang yang kita inginkan terutama melalui online maka akan lebih baik jika melakukan suatu transaksi dengan metode rekening bersama, dimana hal tersebut dapat membuat transaksi lebih aman dan minim dari hal-hal yang tidak kita inginkan, dalam kasus ini penipuan.


  • Cermati dan telitilah dalam membaca Nama Rekening

Untuk kamu yang akan membeli sesuatu di toko online sosmed kamu perlu cermati nama rekening tersebut, biasanya nama rekening toko online sosmed tidak menggunakan nama rekening pribadi. Jadi pilihlah nama rekening yang menggunakan nama toko online tersebut, karena tingkat keseriuasannya lebih bisa di andalkan atau status toko online tersebut jelas dan benar-benar berbisnis secara branding. 

Dalam kasus ini memang tidak bisa dipungkiri juga, karena banyak yang berjualan secara personal branding, jadi sudah pasti menggunakan rekening pribadi, namun seperti di step sebelumnya sebaiknya kita lebih peka. Jika tidak maka lanjut ke step 4.


  • Carilah yang benar-benar Bisa Dipercaya dan Terbukti

Cara ini memang hal lumrah ya, namun lebih baik kita mengeluarkan biaya lebih untuk sesuatu yang kita inginkan, asalkan memang dari segi kualitas bagus, bisa di percaya dan terbukti oleh khalayak. 

Bagaimana cara kita menemukan yang benar-benar bisa dipercaya dan terbukti? 

Tentunya kita dapatkan dari orang-orang yang benar bisa dipercaya dan sudah pernah melakukan transaksi di toko online tersebut, dalam kasus ini teman, kerabat, saudara. Atau influencer yang kamu ikuti.


Itu saja sekedar pengingat maupun saran-saran yang sedikit untuk bisa kamu terapkan jika ingin melakukan suatu pembelian di sosial media terutama Instagram.

Semoga bermanfaat dan seperti biasa stay classic, acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel