Cara Buat SKCK Online Mudah Tidak Ribet

Cara Buat SKCK Online Mudah Tidak Ribet

Cara Buat SKCK Online Mudah Tidak Ribet

Ingin daftar kerja namun diharuskan melampirkan SKCK?

Ingin buat SKCK namun terkendala waktu karena takut prosesnya ribet dan lama?

Ingin membuat SKCK namun tidak ingin ribet?


Ya, buat SKCK online saja, tentu kita tahu bahwa SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang berarti SKCK merupakan bukti bahwa seseorang terbebas dari catatan kriminal. Nah, biasanya orang yang membuat SKCK sendiri berkeperluan dalam urusan melamar pekerjaan.


Berikut ini pengalamanku pribadi dalam membuat SKCK secara online, sekedar berbagi pengalaman bahwa saat aku mendaftar atau membuat SKCK online, lalu datang ke kantor Polres memang cukup mudah dan tidak ribet atau tidak perlu membutuhkan waktu lama, sekitar 15 menit sudah selesai, kecuali di bagian antrian, jika banyak yang antri sudah pasti lebih dari itu, karena kebetulan sedikit jadi cukup cepat prosesnya.


Karena aku butuh SKCK secara cepat dan tidak ingin ribet bolak-balik harus ke kantor kelurahan maupun Polsek, jadi aku memanfaatkan fasilitas SKCK online ini untuk dapat melakukan pembuatan SKCK yakni dengan tujuan melamar pekerjaan di tingkat Kabupaten/Kota.

Baca Juga : Cara Daftar Kerja di Batang Career

 

Berikut ini persyaratan yang harus kamu siapkan untuk bisa membuat SKCK secara Online :

  • Scan KTP
  • Scan KK (Kartu Keluarga)
  • Scan Akte Kelahiran
  • Foto 4x6 Background Merah

Jadi hal ini memang harus disiapkan, karna sistemnya  online jadi sudah pasti butuh Softcopy datanya.

Data atau Softcopy sudah siap, lalu langkah selanjutnya bagaimana?

Cara Buat SKCK Online Mudah tidak Ribet

1. Buka Website SKCK.POLRI.GO.ID


2. Kamu akan di hadapkan ke Beranda website SKCK online, dan kamu bisa baca-baca, karena membaca adalah gudangnya ilmu, lalu bisa Klik Form Pendaftaran, untuk mulai mengisi data pribadi kamu.


3. Masuk Form Satwil, dimana kamu harus mengisi keperluan pembuatan SKCK sesuai dengan tingkat kewenangan yang diperlukan. Karena aku berkeperluan melamar pekerjaan swasta dan BUMN di tingkat kabupaten/kota, jadi aku memilih tingkat satuan wilayah kabupaten yakni POLRES. Selebihnya tinggal kamu sesuaikan dengan kepentingan kamu ya.


4. Isikan data diri sesuai KTP di form yang tersedia. Jika sudah tinggal pilih metode pembayaran, aku sendiri menggunakan metode Tunai/Cash.


5. Lanjut ke Form Data Pribadi, isikan data pribadi kamu sesuai KTP tentunya.


6. Lanjut ke Form Hubungan Keluarga, isikan data diri keluarga kamu, yakni orang tua, serta saudara atau lainnya.


7. Kemudian Lanjut ke Form Pendidikan, isi data pendidikan kamu.


8. Lanjut lagi ke Form Perkara Pidana, isi data-datanya atau pilih opsinya, bahwa kamu memang benar tidak pernah melakukan atau telibat dalam perkara tindak pidana. Jika pernah isi sejujurnya, karena lebih baik jujur dari pada tidak.


9. Lanjut ke Form Cek Fisik, isi data fisik kamu, tentunya sesuaikan dengan kondisi kamu saat ini, seperti rambut, tinggi dan berat badan, bentuk wajah, warna kulit, dan lain-lain.


10. Lanjut ke Form Lampiran, masukkan data softcopy yang sudah kamu siapkan tadi di form tersebut, unggah datanya dan tunggu hingga selesai.


11. Lanjut ke Form Keterangan, isikan sesuai intruksi yang tersedia di form tersebut.


12. Proses Selesai, maka kamu akan di kasih sebuah format file PDF untuk bisa kamu download, dan kamu bawa nanti ke Polres agar dapat di proses SKCK fisiknya.


Tinggal di Print file PDF tersebut dan bisa kamu bawa ke kantor POLRES di wilayah kamu,

Selanjutnya hal yang kamu persiapkan tentunya berkas fisiknya. Sama seperti softcopy.

Berikut berkas yang aku bawa saat menuju ke POLRES untuk melakukan pembuatan SKCK tersebut :

  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Fotocopy Ijazah
  • Fotocopy KK ( kartu keluarga )
  • Fotocopy KTP
  • Passfoto 4x6 4 lembar Background merah
  • Uang administrasi 30 ribu rupiah ( belum termasuk fotocopy, untuk legalisir 5 lembar 3 ribu rupiah, serta biaya parkir di POLRES 2 ribu rupiah, berarti nambah 5 ribu rupiah )


Lanjut mendatangi kantor POLRES, dimana kamu harus menyerahkan kartu identitas kamu di pos penjagaan, aku sendiri menyerahkan kartu identitasku karena memang harus seperti itu prosedurnya. Setelah itu baru bisa masuk ke kantor pelayanan untuk melakukan pengajuan.


Ambil nomor antrian jika ada, atau bisa langsung tanyakan ke petugas jika tidak banyak yang melakukan proses pengajuan juga, jika banyak yang ngantri maka bersabarlah.

Serahkan hasil print PDF atau barcode bukti registrasi tersebut ke petugas.

Serahkan juga berkas fotocopy yang sudah di siapkan.


Baru nanti petugas akan memberi formulir yang harus kamu isi dengan tinta bolpoin, biasanya sudah tersedia di tempat duduk atau tempat tunggu.

Isi dari form tersebut sama seperti pada saat melakukan registrasi secara online, jadi tidak banyak mikir lagi harus bagaimana, namun namanya juga manusia ya pasti ada lupanya, dan tidak ada salahnya untuk menanyakan lagi ke petugas data mana yang wajib diisi.


Nah disini aku memberi tahu di bagian form tindak pidana, isikan sesuai keadaan dan sesuai pertanyaan, jadi jangan sampai tidak diisi atau dicoret strip saja ya.

Ada dua form atau dua lembar yang perlu kamu isi, yakni dengan data diri kamu serta keluarga kamu, baru di form kedua ya hampir sama namun lebih ringkas, hanya mengisi data diri, pendidikan, serta nama keluarga, tidak seperti di form satu yang menanyakan beberapa pertanyaan kasus pidana.


Pada saat kamu mengisi data tersebut akan ada petugas yang memanggil nama kamu, nah petugas tersebut sudah memproses data SKCK, lalu meminta kamu untuk crosscheck ulang, siapa tahu ada yang salah, sebelum di cetak ke SKCK aslinya.


Serahkan form yang sudah kamu isi tersebut ke petugas. Dan tunggu SKCK kamu di proses karna passfoto yang kamu bawa tadi bakalan di tempel di SKCK kamu saat ini. Baru setelah itu kamu bisa lakukan pembayaran yakni senilai 30 ribu.


Untuk legalisir bisa kamu lakukan Fotocopy di tempat fotocopy sebanyak 5 lembar, baru setelah itu kembali lagi ke kantor untuk di kasih stempel legalisirnya.

Jadi seperti itulah proses atau caranya, mungkin cara ini bisa berbeda dari tutorial lain, namun ini cara yang aku sendiri lakukan dan terbukti, bahwa membuat SKCK secara online tidak ribet, dan tidak perlu repot harus ke kantor Kelurahan maupun Polsek. Yang penting berkasnya lengkap dan yakin bahwa prosesnya cepat, maka kita akan di permudah, sama seperti pengalamanku.

 

Terima kasih untuk kalian yang sudah membaca pengalamanku dalam melakukan pembuatan SKCK secara online, semoga sedikit membantu atau semoga memberi gambaran nyata untuk kamu yang akan melakukan pembuatan SKCK online dalam kasus ini seperti pengalamanku.


Jangan lupa cuci tangan setelah itu, terapkan protokol kesehatan juga pastinya, stay safe stay healthy, and stay cool, acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel