Cara Aman Download Aplikasi Android

Cara Aman Download Aplikasi Android

Cara Aman Download Aplikasi Android

Cara aman download aplikasi Android agar tidak terkena virus atau malware yang menyebabkan smartphone Android Kamu lelet atau hang. Dunia internet memang tidak luput dari malware atau virus sekalipun itu di Google Play Store (Android Market) atau disitus-situs besar lainnya. Virus atau malware biasanya terdapat di aplikasi yang dapat Kamu download secara gratis, sebaiknya Kamu harus lebih extra hati-hati, apalagi yang suka menggunakan aplikasi Mod. jangan asal download kalau tidak memiliki antivirus yang benar-benar ampuh.


Tidak jarang para pemakai smartphone Android yang memperhatikan hal tersebut, biasanya akan sadar jikalau smartphone tersebut hang atau lemot. Namun, tak usah bingung dan tak usah takut untuk download aplikasi Android terbaik, Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut :


Baca Juga : Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Berikut acrasena rangkum Cara Aman Download Aplikasi Android Terbaik :

 

  • Jangan terburu-buru Download

Kamu sebaiknya tidak terburu-buru mengunduh aplikasi sebelum membaca komentar pengguna Android lainnya. Komentar yang harus Kamu perhatikan juga adalah mengenai update aplikasi tersebut. Namun semenjak salah satu aplikasi video tik-tok merajalela banyak komentar atau ulasan yang konyol, seperti “aplikasi ini jelek banget jangan di download entar nyesel, tapi boong..” dan orang yang memberi komentar tersebut memberi rating bintang 5. Sungguh komentar yang bisa di bilang kocak juga.

 

  • Pilih aplikasi yang memiliki bintang tinggi

Hindari mengunduh aplikasi yang hanya memiliki rating bintang di bawah tiga, sebaiknya download aplikasi yang memiliki rating minimal empat.

 

  • Cari situs developer yang berkualitas

Beberapa aplikasi akan meminta data pribadi kamu dalam proses instalasi. Ada notifikasi tertentu sebagai pertanda bahwa aplikasi tersebut berbahaya atau tidak. Oleh karena itu Kamu sebaiknya membaca notifikasi yang ada dengan seksama dan jangan sampai melewatkan poin pentingnya. Sementara itu untuk kamu yang mendownload aplikasi di luar Google Playstore tentunya akan ada notifikasi aplikasi berbahaya, dan kamu harus mengijinkan terlebih dahulu di Pengaturan. Jika kamu tetap melanjutkan berarti kamu harus percaya pada pengembang aplikasi tersebut. 

 

  • Gabung dengan Komunitas

Bergabunglah dengan komunitas atau forum grup pengguna smartphone tipe yang sama dengan Kamu. Banyaklah bertanya mengenai apa saja, dari download hingga kegunaan aplikasi. Namun tetap waspada juga dengan orang yang membagikan link langsung ke grup.

 

  • Baca ulasan terlebih dahulu jika ingin Update

Jika akan melakukan update sebuah aplikasi, baca dan perhatikan komentar user lain lagi kalau ada hal baru atau berbeda mengenai update yang diberikan oleh aplikasi. Cermati baik-baik jangan sampai kena bal bale tapi boong.

 

  • Pilih aplikasi yang sudah terkenal penggunaannya

Jika berbicara masalah terkenal sudah pasti dari aplikasi Google Playstore akan menyarankan aplikasi tertentu yang penggunanya banyak, namun tidak menutup kemungkinan ada yang memberi rating buruk, terkadang masalah bukan hanya dari pihak developer saja namun spek Smartphone yang kurang compatible atau kurang support. Jika Android Kamu tidak mumpuni atau bahasa kerennya HP Kentang, sebaiknya Kamu gunakan aplikasi yang versi Lite, itupun juga kalau pihak Developer menyediakan versi yang ringan. Namun jika tidak ada alternatif lainnya ialah mencari aplikasi yang sejenis.

 

Baca Juga : Aplikasi untuk membantu Produktivitas

 

Demikianlah informasi yang bisa acrasena sampaikan tentang cara aman download aplikasi Android, semoga bermanfaat. sebaiknya tingkatkanlah kewaspadaan Kamu sebelum Kamu download aplikasi dari Smartphone Android terbaik Kamu, aplikasi yang aman tentunya yang berada di Google Playstore, namun tetap perhatikan ulasan dari pengguna sebelumnya. Dan janganlah mudah tergiur dengan yang namanya gratisan, Kecuali kamu mempercayai orang yang sudah lama menggunakan sebuah aplikasi tersebut.

 

Mungkin Kamu Juga Tertarik Mencari : Aplikasi Penguat Sinyal Android

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel