Cara mengatasi jaringan 4G HP Xiomi tidak terdeteksi

Cara mengatasi jaringan 4G HP Xiomi tidak terdeteksi

Cara mengatasi jaringan 4G HP Xiomi tidak terdeteksi

HP Xiomi maupun Redmi kian hari makin banyak penggunanya karena berbagai kecanggihan yang dimilikinya serta inovasi yang terus berkembang cepat, tak heran banyak kompetitor lain juga menyuguhkan berbagai teknologi keunggulannya, dan yang jadi geram apalagi faktor harga yang lama-lama harga HP kok semakin kaya kacang goreng saja.

Namun di samping teknologi yang selalu jadi unggulan masing-masing ada satu masalah yang suka membuat orang kesal bukan main, apalagi kalau bukan jaringan.

Jaringan tentunya ada beberapa aspek yang saling keterkaitan, tak hanya persoalan di HP saja tentunya, namun faktor provider, dan jangkauan masih perlu jadi PR.

Tentunya jaringan 4G merupakan jaringan penting khusunya di Indonesia, apalagi di masa pandemi seperti ini yang sangat membutuhkan akses jaringan yang cepat agar segala sesuatunya dapat terhubung dengan tepat.

Namun bagaimana jika jaringan 4G bermasalah?

Tidak terdeteksi, tidak konek, tidak muncul, atau tidak dapat dipertahankan.

Jadi di artikel ini aku akan share tutorial cara mengatasi jaringan 4G HP Xiomi yang tidak terdeteksi, sebenarnya cara ini bisa kamu lakukan di HP selain Xiomi/Redmi, jadi bisa kamu coba juga untuk HP lain selama tersedia langkah-langkah yang bisa kamu coba sendiri.


Berikut langkah-langkah cara mengatasi jaringan 4G HP Xiomi tidak terdeteksi :
 

Gunakan Mode Pesawat / Airplane mode

Jika HP Xiomi kamu tidak dapat menjangkau sinyal 4G maka kamu bisa coba trik sederhana yakni dengan cara gunakan mode pesawat/airplane mode. 

Caranya tinggal pencet dan tahan tombol power sampai muncul ikon menu power / pesawat, selanjutnya kamu aktifkan mode pesawat tersebut, tunggu beberapa saat kemudian ulangi kembali dengan menekan dan tahan tombol power lalu nonaktifkan mode pesawatnya.
Jika perlu kamu juga bisa melakukan restart atau mulai ulang HP Xiomi.
 

Pindah ke Slot SIM1

Cara ini bisa kamu coba dengan memindah kartu untuk internetan ke slot SIM1, karena cara ini tergolong klasik di zaman HP keluaran lama.
Di HP keluaran sekarang SIM1 maupun SIM2 bisa menggunakan jaringan 4G secara bersamaan, tinggal atur di pengaturan  kartu mana yang ingin digunakan untuk internetan dan aktifkan Dual 4G.
Namun terkadang saat kita melakukan registrasi aplikasi tertentu biasanya perlu menggunakan kartu yang berada di slot SIM1.
 

Ganti Lokasi HP Xiomi 

Bisa saja jaringan 4G yang hilang di HP Xiomi kamu dikarenakan pengaturan lokasi di HP. Oleh karena itu maka kamu perlu mengubah lokasi HP Xiomi ke lokasi lain, kira-kira sama seperti kinerja VPN,  jadi jaringan 4G nantinya dapat muncul kembali sehingga aktivitas kamu untuk internetan jadi lebih lancar.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti lokasi HP Xiomi / Redmi :

  • Buka menu pengaturan / gulir layar ke bawah lalu tap ikon gerigi

  • Kemudian tap Setelan tambahan (additional settings).

  • Selanjutnya bisa kamu pilih opsi Lokasi (locate) untuk mengubah lokasi HP Xiomi.

  • Jika sebelumnya lokasi di HP Xiomi kamu Indonesia, maka kamu bisa ganti dengan negara lain semisal Jerman.

  • Sekarang kamu sudah bisa berpindah Negara dengan mudah, selanjutnya kamu bisa restart HP Xiomi.

    Namun yang jadi masalah yaitu waktu berubah menjadi pengaturan ke negara yang kamu pilih tadi, oleh karena itu maka kamu perlu mengaturnya secara manual dengan cara mematikan Zona waktu otomatis terlebih dahulu, kemudian atur zona waktu secara manual setelah itu baru kamu bisa kembalikan lagi ke otomatis.


Lock Jaringan 4G

Cara yang perlu di lakukan ialah dengan cara kamu perlu mengunci jaringan 4G tersebut.
Cara ini bisa kamu coba dengan cara lock jaringan 4G agar dapat memunculkan sinyal 4G di HP Xiomi

Berikut langkah-langkah agar bisa lock jaringan 4G di HP Xiomi :

  • Buka menu Dial UP/Papan Ketik Panggilan di HP Xiomi

  • Selanjutnya ketik kode *#*#4636#*#* , maka secara otomatis akan mengarah ke halaman lain.

  • Akan terdapat beberapa opsi disana, pilih opsi Informasi Telepon. Nantinya akan ditampilkan halaman informasi penggunaan jaringan di perangkat.

  • Gulir kebawah lalu tap tombol dropdown pada bagian Set preffered network type, selanjutnya pilih opsi mode LTE Only.

  • Jika sudah, selanjutnya kamu perlu melakukan restart HP Xiomi

Cara mengatasi jaringan 4G HP Xiomi tidak terdeteksi

Gunakan Aplikasi Penstabil Koneksi Internet

Cara ini tergolong mudah dan tentunya kamu dapat dengan mudah memantau jaringan secara langsung dari sebuah aplikasi, sebelumnya aku sudah pernah membuat artikel aplikasi penstabil koneksi internet terbaik.

Keunggulan aplikasi tersebut ialah kamu bisa Ping jaringan ( Ping biasa digunakan untuk suatu program test koneksi yang mengirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tersebut), serta mempertahankan koneksi jaringan agar stabil, dan apabila ada masalah koneksi akan muncul pesan gagal koneksi, tentunya ini berlaku jika kamu mengaturnya untuk ditampilkan.

Enaknya menggunakan aplikasi tentunya memudahkan kita dalam mengontrol jaringan, apalagi jika kita melakukan rooting android, tentunya pengalaman dalam mengeruk jaringan lebih baik, namun rooting merupakan tindakan yang tidak di sarankan pabrikan HP, yang berakibat pada hilangnya garansi hp kamu, selain itu rentan akan serangan malware maupun virus.

Masih belum bisa juga?

Kamu bisa mencoba cara alternatif dan banyak orang sudah terbukti mempraktikkannya dan tentunya ampuh dalam segala hal selain lembiru maupun kesalahan tempat dimana kamu tinggal.

Ganti Kartu SIM

Waduh bang, kalo ini sih gak nanya, maka dari itu karena kamu gak nanya jadi aku kasih masukan sedikit.

Bilamana ada kasus bahwa ternyata kartu sim kamu belum upgrade 4G ya tentunya tidak bisa menggunakan jaringan 4G, biasanya ini pengguna sim card lawas nan legend yang baru bangun dari melek teknologi untuk bisa akses internet dengan cepat.
Jika kamu enggan untuk mengganti nomor HP /sim card, tentunya kamu bisa upgrade saja jaringan ke 4G dengan mendatangi gerai provider seluler terdekat.

Namun jika kamu masih berjiwa muda dan ingin merasakan kemudahan akses internet dan merasakan berbagai pengalaman mobilitas yang menarik tentunya kamu bisa mengganti sim card atau membeli kartu perdana baru.

Ada berbagai layanan provider yang mendukung mobilitas kamu dalam berselancar di dunia internet dengan baik, contohnya seperti by.u (Telkomsel), switch dan power-up (Smartfreen), Live.on (XL Axiata), serta MPWR (Indosat). Tinggal kamu sesuaikan saja kebutuhannya, dan yang paling penting pilih operator seluler yang jaringannya bisa menjangkau tempat kamu.

Mungkin itu saja beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba dan rasakan sendiri, tentunya masalah jaringan tidak hanya dari satu sumber saja, namun dari berbagai aspek yang menyebabkan masalah jaringan itu terjadi, sementara itu sebagai pengguna kita paling tidak mencoba berbagai cara agar dapat menemukan kondisi jaringan yang kita harapkan.
Dan seperti biasa terima kasih telah membaca artikel ini, semoga apa yang acrasena share dapat berguna dan bermanfaat untuk kamu, and see you until next time, acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel