10 Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif

10 Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif

10 Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif

Produk Smartphone dengan sistem operasi android kian berkembang dan membuat OS besutan google ini kian populer, belum lagi berbagai jenis hp android murah dengan aneka macam merek hadir dipasaran sehingga membuat peminat hp android dapat dengan mudah menentukan pilihan sesuai budget yang dimiliki.

 

Salah satu alasan pengguna ponsel memilih android diantaranya, karena OS dengan logo robot hijau ini menawarkan fitur lengkap serta perangkat sesuai dengan kebutuhan, seperti tersedianya aplikasi untuk mendukung kemudahan penggunanya melakukan aktivitas sehari-hari baik untuk urusan kerja atau hiburan.

 

Namun demikian, penggunaan hp android yang selalu terhubung ke internet biasanya mudah kehabisan daya atau baterai lowbat bahkan ada yang merasa tidak banyak melakukan aktivitas online tapi daya baterai terkuras habis, ada apa sebenarnya dengan hp android? Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghemat baterai android kamu?

 

Jika kamu merasa semua sistem ponsel berjalan dengan baik dan baterai masih dalam kondisi baik namun daya selalu cepat habis, kamu hanya perlu melakukan hal sederhana dengan menonaktifkan beberapa fitur yang tidak terlalu penting dan tidak sedang digunakan.

Berikut ini beberapa tips dan cara efektif menghemat baterai android kamu:

 

1. Menutup Aplikasi

Jika tidak sedang beraktivitas dengan ponsel kamu, sebaiknya tutup semua aplikasi, jangan meninggalkan ponsel dengan kondisi aplikasi terbuka karena hanya akan menghabiskan daya baterai

 

2. Mematikan Radio

Kondisi radio yang sedang aktif juga akan berpengaruh pada daya baterai, pastikan untuk mematikan radio jika tidak sedang digunakan

 

3. Mematikan Fitur Notifikasi

Jika kamu tidak begitu memerlukan sistem notifikasi sebaiknya matikan fitur Sync yang ada pada hp android kamu. Hanya saja konsekuensinya tidak akan ada pemberitahuan terbaru seperti email masuk, update dan lainnya atau bisa dengan cara membatasi hanya untuk hal-hal yang penting

 

4. Mengatur Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan (Brigthness) yang tinggi pada hp android akan tampak lebih indah terlebih jika hp yang kamu gunakan sudah memakai teknologi super amoled tentu akan membuat ssmartphone kesayangan kamu kian menakjubkan hanya saja konsekuensinya kamu siap untuk selalu mengisi baterai karena dengan menggunakan layar dengan kecerahan tinggi akan memboroskan daya baterai.

 

Sebaiknya jika kamu tidak begitu memerlukan hal itu, kamu cukup mengatur tampilan pada posisi pencahayaan yang lebih rendah atau bisa menggunakan auto lock sehingga pada saat layar ponsel kamu tidak sedang digunakan secara otomatis ada pada keadaan off.

 

5. Animasi Bergerak

Wallpaper pada android termasuk gambar animasi bergerak didalamnya juga memiliki pengaruh terhadap ketahanan baterai. sebaiknya gunakan wallpaper yang tidak bergerak, atau pasang wallpaper warna solid.

 

6. Hindari Multitasking

Multitasking atau membuka banyak aplikasi pada smartphone secara bersamaan akan menghabiskan banyak daya baterai sebaiknya jika akan membuka banyak aplikasi lakukan secara bergantian dan matikan aplikasi yang sebelumnya sudah digunakan. Jika hal itu terus dilakukan tidak hanya memboroskan baterai tapi juga akan membuat hp android lemot

 

7. Matikan Fungsi Vibrate

Fungsi getar (vibrate) pada hp sangat berguna untuk mengetahui lebih cepat adanya telepon masuk, pada umumnya aktif bersamaan dengan nada dering, jika keduanya diaktifkan secara bersamaan akan banyak menguras daya baterai. Alangkah baiknya jika tidak begitu dibutuhkan, matikan saja sistem getar dan sedikit meninggikan volume.

 

8. Mematikan GPS

Global Positioning System atau biasa disebut GPS berfungsi sebagai petunjuk arah atau mengetahui lokasi berdasarkan signal satelit. Alangkah baiknya jika sedang tidak memerlukan matikan fungsi GPS untuk menghemat baterai ponsel kamu.

 

9. Matikan WiFi

WiFi (Wireless Fidelity) pengertiannya sederhananya sebuah jaringan lokal nirkabel yang pada awalnya berfungsi sebagai lokal area network tapi saat ini sudah banyak digunakan untuk mengakses internet, oleh karenanya jika tidak sedang membutuhkan koneksi wifi sebaiknya dimatikan saja.

 

10. Matikan Bluetooth

Bluetooth berfungsi sebagai alat pengirim data tanpa kabel dan terbatas pada kawasan pribadi atau lokal area network seperti bertukar foto atau data-data lain antar perangkat. Namun jika tidak sedang digunakan sebaiknya di nonaktifkan untuk menghentikan bluetooth selalu bekerja.


Okelah jadi itu dia 10 Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif yang bisa dicoba untuk menghemat baterai android kamu, jika memang fitur-fitur tersebut tidak sedang dipakai dan diperlukan, atau bisa mengaktifkan pada saat sedang dibutuhkan saja, semoga bermanfaat serta membantu.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel