Tips Trik Membeli Laptop Sesuai Kriteria Kebutuhan

Tips Trik Membeli Laptop Sesuai Kriteria Kebutuhan

Tips Trik Membeli Laptop Sesuai Kriteria Kebutuhan

Tips Trik Membeli Laptop Sesuai Kriteria Kebutuhan

Laptop merupakan salah satu perangkat yang digunakan sehari – hari  selain menggunakan smartphone, oleh sebab itu kalian harus menggunakan laptop dengan baik dan benar sesuai kriteria kebutuhan agar nantinya tidak kecewa dan menyesal karena asal beli saja.

Banyaknya laptop  yang beredar dari berbagai jenis dan kriteria tentu sangat membingungkan untuk  memilih laptop yang tepat, apalagi jika kalian bukan orang yang paham kriteria laptop yang cocok untuk mendukung pekerjaan kalian.
 
Oleh karena itu di artikel ini aku akan share Tips Trik Membeli Laptop Sesuai Kriteria Kebutuhan agar tidak salah membeli.
 
 
Berikut kriteria yang di perlukan sebelum membeli laptop :
 
1.    Prosesor
Prosesor
 
Pilihan yang pertama sudah pasti prosesor dari laptop yang akan kalian beli, karena membeli laptop yang tepat bukan sekedar membeli edisi keluaran terbaru, hal paling penting sudah pasti spesifikasi dari laptop yang ingin kalian beli itu mampu mendukung aktifitas untuk mengerjakan berbagai tugas, tugas ini berbeda – beda macamnya, tergantung dari hal apa yang kalian tekuni.
Untuk itu ada beberapa hal yang wajib di perhatikan saat akan membeli laptop, yang utama adalah Prosesor.
 
Jika kalian ingin menggunakan laptop untuk keperluan seperti Microsoft Office, Browsing, Nonton Film, dan Mendengarkan Musik, maka minimal kalian harus membeli laptop dengan Prosesor paling tidak Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3. Namun untuk low budget atau keperluan sangat sederhana seperi pemakaian untuk sekolah Intel Dual Core / Celeron masih worth it, dengan sistem operasi Windows 7. Dan sudah dipastikan laptop tersebut 2nd atau second. Karena laptop baru sekarang sistem operasinya sudah windows 8 dan 10.
 
Bagi kalian yang suka bermain game di laptop, maka minimal yang perlu kalian beli yaitu Prosesor Intel Core i5, sedangkan untuk game berat maka minimal Intel Core i7, dan jika punya budget lebih maka bisa juga membeli Prosesor Intel Core i9. Semakin tinggi nilai Core maka semakin bagus kinerjanya.

Bagi kalian yang memiliki aktifitas multimedia seperti editing, rendering, design graphic, maka minimal prosesor laptop yang perlu kalian beli yaitu Prosesor AMD Ryzen 5, dan untuk editing video yang berskala 4K maka disarankan untuk membeli AMD Ryzen 7, dan jika masih punya budget lebih tentunya membeli prosesor AMD Ryzen 9 jadi gurih. Semakin tambah perkembangan zaman dan teknologi, tentunya memiliki prosesor dengan kekuatan super jadi pilihan untuk memudahkan pekerjaan.

2.    RAM ( Random Access Memory )
RAM
Pilihan selanjutnya setelah prosesor yaitu RAM. RAM bisa diartikan memori penyimpanan sementara, semakin banyak kapasitas RAM semakin ringan dan cepat pula proses untuk kamu melakukan pekerjaan, semisal Browsing dengan Chrome, Export Video, Edit Foto, dan lain – lain.
Untuk itu RAM yang aku sarankan minimal 4 GB untuk keperluan sehari – hari.
8 GB untuk keperluan editing ringan. Dan 16 GB untuk kelas berat.

3.    GPU ( Graphic Processing Unit )
GPU
GPU yaitu Graphic Processing Unit, bisa dibilang kartu grafis, atau otaknya tampilan.
Untuk keperlaun game maka bisa pilih kartu grafis jenis NVIDIA
Dan jika untuk keperluan editing maka bisa pilih kartu grafis AMD RADEON
Tentunya kartu grafis ini perlu diimbangi dengan monitor IPS ( In-plane switching ) agar bisa meningkatkan pengalaman bermain atau editing.

4.    Storage / Media Penyimpanan
STORAGE
Media penyimpanan setelah RAM, dimana media penyimpanan ini bersifat permanen, tidak seperti RAM yang sementara.
Maka pemilihan media penyimpanan sudah pasti jadi pilihan utama, karena zaman sekarang sudah muncul SSD ( Solid State Drive )
Untuk penggunaan sehari – hari bisa menggunakan HDD.
Namun untuk gaming dan editing maka SSD pilihannya.
SSD dan HDD memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.
HDD / Harddisk memiliki kelebihan murahnya, namun kelemahannya sangat banyak.
SSD memiliki kelebihan paling banyak, kelemahannya ada di harga yang mahal.

 
Jadi keempat hal itu yang perlu diperhatikan jika ingin membeli laptop, bisa dibilang Hardwae utama yang perlu di pertimbangkan baik – baik.

Tips dan Trik AcraSena
Tips Trik membeli laptop baru
Berikut aku kasih beberapa Tips dan Trik implementasi jika ingin membeli laptop baru.

1.    Jika kalian sudah bisa mengira keperluan hardware apa yang kalian cari maka selanjutnya pilih atau cari merk dari laptop yang memiliki kriteria tersebut.
Datang ketokonya dan jelaskan kriteria yang kalian inginkan ke seller atau pelayannya. 
Biasanya mereka akan memberi rekomendasi laptop keluaran terbaru, jika kriteria laptop yang kalian inginkan tidak ada.
Namun jika kriteria yang kalian inginkan tersedia, maka pilih Merknya.

2.    Pilih Sistem Operasi yang sudah terinstal di laptop atau tanyakan lisensi dari sistem operasinya, pastikan kalian minta sistem operasi yang original, Jangan bajakan.
Tentunya sangat tidak lucu jika kalian membeli laptop dengan spesifikasi mumpuni tapi di kasih sistem operasi bajakan.
Tidak apa – apa keluar uang lebih, asal garansinya terjaga. Ingat, disini kalian membeli laptop baru di toko komputer. Pastikan mendapat kualitas Premium.

3.    Tanyakan Garansinya, pastikan laptop yang kalian beli memiliki garansi yang terbaik. Atau service centernya mudah dan terjangkau.
Namanya barang elektronik kita tidak tahu ada masalah apa yang akan terjadi kedepan. 
Oleh karena itu pilihnya jenis laptop dengan pelayanan garansi yang baik.

4.    Tanyakan bonusnya, bisa dibilang jika kita membeli laptop yang di rekomendasikan tokonya maka apa salahnya jika menanyakan bonusnya, tentu kalian sangat suka sebuah bonus kan, apalagi gratisan.
Bonus bisa berupa Hardware atau Software, atau paling tidak kalender jika membelinya di penghujung akhir tahun.
Hardware bisa berupa anti gores layar, pelindung keyboard, garskin laptop, atau perangkat eksternal seperti mouse, flashdisk, kabel data. Kalau tas biasanya sudah termasuk dengan pembelian. 
Untuk software juga, tidak ada salahnya kalian minta software pendukung.
Atau software premium jika ada. 
Jika kalian minta bonusnya namun tidak ada, dan malah di rekomendasikan untuk membeli, biasanya seperti itu.
Maka di situasi tersebut apabila budget pas – pasan, maka bernegosiasilah.
Antara bisa lebih murah atau lebih mahal jika membeli perangkat tambahan sekalian di toko yang kalian beli laptopnya.

 
Mungkin itu saja Tips dan Trik implementasi yang aku tuliskan, jika di rinci juga pasti banyak, tinggal pintar – pintarnya membeli dan negosiasi sebuah barang, tentu jika kita membeli barang pastikan ada nilai lebih yang kalian beli, atau nilai beli rendah namun sepadan dengan kemauan kalian.

Pilihan utama ada di tangan kalian, mau membeli secara offline datang ketoko supaya jika ada masalah dapat segera ter urus, atau membeli secara online dengan mudah namun jika ada masalah resikonya sedikit merepotkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, dan seperti biasa, stay cool stay classic, acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel