Tips Merawat Laptop supaya awet dan tidak mudah rusak

Tips Merawat Laptop supaya awet dan tidak mudah rusak

Tips Merawat Laptop supaya awet dan tidak mudah rusak

Tips Merawat Laptop supaya awet dan tidak mudah rusak

Dunia modern seperti sekarang ini memang kita tidak lepas dari perangkat teknologi, hampir semua kegiatan dan sektor pekerjaan menggunakan teknologi, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini semua serba di tuntut untuk menggunakan perangkat teknologi, laptop.
 
Sebuah perangkat komputer berteknologi yang dapat mudah dibawa kemana – mana tanpa repot harus menggunakan listrik secara langsung. Perangkat teknologi setelah hp ini selalu kita butuhkan di segala sektor yang memerlukan mobilitas tinggi.
 
Namun bagaimana jadinya jika perangkat yang kita gunakan ini mengalami sebuah masalah sewaktu – waktu karena kelalaian kita yang tidak dapat menjaga dan merawat perangkat tersebut?

Tentunya akan merepotkan jika hal itu sampai terjadi di perangkat kita bukan? oleh karena itu di artikel ini aku akan share Tips yang bisa kamu lakukan agar laptop kamu awet dan tidak mudah rusak.

1.    Hilangkan minyak dari jari dan tangan sebelum menggunakan laptop

Bagi kamu yang suka makan makanan yang mengandung minyak tentunya ini akan menjadi resiko, terutama di bagian touchpad.
Maka sebaiknya membersihkan tangan dahulu dari minyak sebelum menggunakan laptop atau kamu bisa menggunakan mouse eksternal agar tidak menodai touchpad laptop kamu.

2.    Bersihkan layar laptop dengan pembersih khusus layar

Jika kita membeli laptop baru, maka jangan lupakan toolkit yang di gunakan untuk membersihkan laptop juga, terutama pembersih layar. 
Apalagi jika laptop kamu menggunakan layar sentuh juga. Namun untuk mengakali layar agar tidak terlalu parah jika kotor, maka pasangkan juga antigores untuk laptop. 
Selain menjaga layar, laptop kamu juga punya nilai lebih jika sewaktu – waktu ingin kamu jual kembali.

3.    Bersihkan bagian port / lubang USB dan lainnya

Bagaimana jadinya jika kamu ingin membuka file flashdisk namun port yang di masukin tidak mendeteksi, tentu merepotkan. 
Oleh karena itu bersihkan juga bagian port – port. gunakan pembersih khusus elektronik agar tidak mudah berkarat.

4.    Gunakan heat vacum bila laptop selalu mengeluarkan udara panas

Jika kamu menggunakan laptop yang terlalu lama maka udara juga akan memanas, maka gunakan perangkat tambahan seperti heat vacum, gunanya untuk menyedot udara panas yang dikeluarkan dari lubang fan laptop. 
Atau jika ingin yang lebih murah bisa menggunakan coolpad. 
Namun pilihlah coolpad yang menyedot keluar bukan mengipasi ke arah dalam, karena beresiko kemasukan debu.

5.    Jika hendak membawa laptop ke mana-mana, gunakan tas khusus laptop

Untuk kamu yang punya mobilitas tinggi pasti laptop selalu di bawa kemana – mana, namun apa jadinya jika laptop kamu di taruh sembarangan di dalam tas, sedangkan tas tersebut tidak mendukung penempatan laptop, tentu akan menjadi resiko laptop kamu sering terbentur dengan benda lain. 
Oleh karena itu sebaiknya gunakan tas yang memiliki fitur aman untuk laptop, atau gunakan dompet laptop yang memiliki busa tebal.
Atau mungkin jika kamu sering memindahkan laptop kamu dengan posisi masih menyala tentu akan beresiko dengan harddisk kamu, untuk kamu yang masih menggunakan harddisk. 
Untuk yang sudah menggunakan SSD tentu tidak terlalu risk kan. Namun sebaiknya atur mode sleep dahulu jika ingin berpindah tempat misalnya.

6.    Bersihkan kipas pendingin secara rutin

Jika laptop kamu memiliki fan, mungkin kamu harus sering cek keadaan kipas laptop, karena jika kipas laptop tersumbat debu, maka kinerja laptop kamu akan melambat, serta laptop mudah sekali panas, penggunaan heat vacum saja tentu tidak cukup. 
Oleh karena itu bongkar dan bersihkan debu yang ada dalam laptop kamu, untuk kamu yang laptop tanpa fan / kipas bergerak, maka bersihkan komponen yang terkena debu. 
Jika kamu tidak punya peralatan untuk membongkar, jangan gunakan peralatan sembarangan, bisa – bisa laptop kamu malah lecet.

7.    Ganti thermal paste setidaknya setahun sekali bila laptop selalu digunakan untuk tugas berat

Menggunakan laptop untuk bermain game, desain, editing berat, tentu akan memakai kinerja yang lebih berat juga, yang mana hal tersebut akan membuat prosesor memanas dan thermal paste juga semakin cepat memuai. 
Oleh karena itu setidaknya setahun sekali laptop kamu perlu di ganti dengan thermal paste baru. Ingat, jangan pakai odol dan jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri jangan segan untuk membawa ke service center atau tukang ahlinya.

8.    Jangan membiarkan laptop tidak digunakan terlalu lama

Untuk yang tidak mempunyai mobilitas tinggi dalam menggunakan laptop tentu juga bisa berdampak buruk juga bagi kesehatan laptop, apalagi dengan persoalan baterai yang mana umur baterai malah akan berkurang dan bisa juga matot ( mati total )
Sayangnya laptop sekarang sudah seperti hp zaman sekarang juga, yang menggunakan baterai tanem atau baterai dalam yang perlu membongkar laptop, oleh karena itu hati – hati dalam menggunakan laptop atau jika tidak menggunakan laptop, karena jika bermasalah tentu kamu akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk menggantinya.
Selain itu jika kamu menyimpan laptop di sembarang tempat, keyboard laptop kamu juga akan bermasalah karena kondisi lembab dan berakibat gagal fungsi di salah satu tombol.
Oleh karena itu jangan biarkan laptop nganggur terlalu lama, setidaknya seminggu sekali kamu gunakan untuk mengetik, syukur  - syukur untuk menulis, atau untuk menonton.

9.    Gunakan Sistem Operasi yang asli serta pasang Antivirus

Untuk kamu yang baru membeli laptop tentu hal ini wajib kamu mintakan ke toko atau gerai yang menjual laptop baru tersebut, yaitu sistem operasi yang asli bukan bajakan.
Pikirkan dan atur budget baik – baik agar kamu bisa membeli laptop sesuai kriteria kamu serta sistem operasi yang seimbang, agar tidak salah langkah. Jangan sampai membeli laptop spek dewa tapi sistem operasinya malah bajakan.
Serta pasang juga antivirus yang mutakhir, apalagi untuk kamu yang punya mobilitas di jaringan internet, tentu antivirus adalah senjata wajib agar laptop kamu tidak mudah sakit.
Lalu bagaimana jika membeli laptop second / bekas ?
Langkah awalnya ialah instal ulang laptop bekas tersebut, dan jika dirasa masih lemot maka upgrade RAM dan ganti dengan SSD.

Untuk kamu yang masih perlu referensi lain kamu bisa juga baca artikel berikut :
Okelah jadi itu dia beberapa tips yang bisa aku berikan, untuk kamu yang memerlukan tips dan trik dalam merawat laptop kamu supaya awet dan agar tidak mudah rusak, terutama untuk laptop baru, laptop gaming, laptop baterai tanem, dan sebagainya.  tentunya tips yang aku berikan ini bisa kamu terapkan, supaya kamu bisa menghindari hal – hal yang tidak diinginkan serta menghindari pembengkakan biaya. 
Perawatan dari luar saja tentu tidaklah cukup, perawatan dari dalam tentu jangan pula di sepelekan. Atur budget kamu dan pangkas hal – hal yang bisa di lakukan sendiri. 
Jika tidak bisa maka jangan segan membawa laptop kamu ke ahlinya demi menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Mungkin itu saja tips dan trik dariku, semoga membantu dan semoga berkah, dan jika kamu suka konten singkat visual kamu bisa follow instagram @acrasena.
Terima kasih telah membaca artikel ini baca juga artikel lainnya dan tetap selalu di acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel