Tips Menghindari Virus Komputer

Tips Menghindari Virus Komputer

Tips Menghindari Virus Komputer

Tips Menghindari Virus Komputer

Tentu kita semua tahu bahwa sebuah virus memang sangat mengganggu di kehidupan kita, sesuatu yang tak telihat oleh kasat mata namun sangat berbahaya bagi kita, tak terkecuali virus komputer yang semakin ganas penyebarannya, bayangkan jika tanpa kita sadari sebuah virus kecil yang tak telihat bisa menggandakan dirinya sendiri dan menginfeksi apa saja yang dia temui, tentunya ini sangat menyeramkan. 

Baca Juga :  Tips Memilih Antivirus Komputer

Atau jika kita tidak tahu namun asal - asalan menempatkan file yang tidak aman tersebut dan di satukan dengan file – file yang tidak bersalah apa – apa. Jangan bilang semua obat sakit kepala itu manjur ya.

Nah, bagaimana jika kita tahu dahulu sebelum virus atau file tidak sehat itu menginfeksi file kita? Diartikel ini aku akan menjelaskan tips untuk menghindari virus – virus jahat komputer, tentunya untuk kamu yang masih awam dalam dunia  per-komputeran dan per-antivirusan yang meresahkan warga net.
 

1.    Waspada dengan Website Mencurigakan

Pernahkah kamu mendapatkan kiriman sebuah link website di aplikasi messenger kamu? Jika ya, hati – hati dengan link website tersebut. Mungkin saja itu berisi virus bahkan malware yang sangat berbahaya untuk komputer kamu. 

Atau jika kamu mengunjungi sebuah website terkadang ada pop-up yang memaksa untuk di klik, hati – hati juga itu. Jika paksaan itu semakin menjadi jadi, close saja browser kamu atau matikan jaringan internet. Terkadang website sekarang makin menjadi jadi muncul iklan yang sembarangan.

2.    Waspada Saat Download

Software atau file gratis, mungkin itu terdengar sangat menggiurkan dan gurih bagi kamu apalagi saat itu kamu sangat membutuhkan software atau file tersebut. Tetapi, kamu harus hati – hati , karena software atau file gratis itu mungkin adalah salah satu modus penyebaran virus komputer.

Pastikan kamu men-download di website yang benar – benar terpercaya. Atau paling tidak data – data penting kamu di simpan di storage lain, Jika kamu terpaksa harus memakai software yang bajakan. Bisa juga memakai Cloud Storage yang menjamin keamanan data kamu.

 

Baca Juga : Tutorial Uninstall Aplikasi yang sudah tidak terpakai

 

3.    Waspada dengan Attachment Email

Attachment atau lampiran email sampai saat ini masih menjadi senjata nomor satu para pembuat virus untuk menyebarluaskan virus – virus mereka. Jika kamu menemukan sebuah email asing dalam kotak masuk  dan berisi sebuah lampiran yang mungkin saja file di lampiran tersebut adalah virus, ada baiknya telusuri dahulu pengirim email tersebut agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Biasanya mereka yang mengirim file virus tersebut emailnya aneh – aneh dan dengan domain luar negeri yang tidak biasa kita temui.

4.    Update Windows & Antivirus

Dengan meng-update windows secara teratur, celah ( crack ) yang ada akan sedikit demi sedikit diperbaiki sehingga meminimalkan kemungkinan virus menyebar dari celah ( crack ) tersebut.
Tentunya bagi kamu pengguna windows 10 juga pasti sering mendapat informasi update untuk windows kamu, nah, oleh karena itu jika kondisi jaringan baik dan kamu punya cukup banyak waktu yang free, sempatkan untuk update windows kamu, karena update windows sendiri terkadang memang lama. sediakan cemilan plus kopi sambil main hp saja saranku, supaya tidak bosan menunggu si windows melakukan tugasnya.

Selain itu jangan lupakan dan sepelekan antivirus yang sudah kamu beli misalnya, namun tidak kamu update lagi setelah itu, itu tak menjamin komputer kamu terbebas dari virus juga, jika ada virus model baru namun antivirus kamu masih belum update keamanan baru, ya wasalam juga.

Semurah – murahnya antivirus yang baik ialah antivirus yang rutin di update, bukan antivirus yang dibeli mahal namun tidak pernah di update.

5.    Scan Secara Berkala

Virus bisa berada dalam komputer tanpa kamu sadari. Sebelum virus – virus itu menyebar luas, sebaiknya kamu melakukan scan ( deteksi ) secara berkala agar virus yang tersembunyi segera dimusnahkan. Setelah mendapatkan update terbaru, tentunya kamu juga perlu melakukan scanning. 

Jika kamu hanya menggunakan windows security, biasanya akan ada notifikasi yang muncul dan menyarankan kamu untuk scanning, lakukan segera jika kondisi komputer kamu terkoneksi dengan internet.

6.    Waspada dengan External Storage

Penyimpanan eksternal ( External Storage ) khususnya flashdisk, mungkin sangat membantu dalam mentransfer data dari komputer satu ke komputer yang lain. Tetapi di sisi lain, flashdisk juga menjadi perantara bagi virus untuk bisa menyeberang ke komputer kamu. Jadi, Kamu harus hati – hati menggunakan external storage untuk mengambil sebuah data dari komputer lain.

Nah, disini aku menyarankan menggunakan antivirus Smadav, karena antivirus tersebut terfokus untuk penanganan virus dari external storage.
Ketika flashdisk di colokkan maka antivirus tersebut akan otomatis scan flashdisk tersebut, dan apabila ada file yang dicurigai mengandung virus maka akan dikarantina.
Tinggal selanjutnya kamu mau apakan file tersebut yang mengandung virus itu.
Yang terpenting ialah jangan di klik file – file aneh atau mengaktifkan jaringan internet, bisa – bisa virus tersebut hidup dan menggandakan diri. Dan ingat juga, tak semua obat sakit kepala itu cocok.

 

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Laptop atau Komputer


Oke, jadi itu dia beberapa tips untuk meghindari virus komputer, tentunya sebuah komputer yang memiliki data penting memerlukan perhatian juga dari kita penggunanya. 

Jangan lalaikan atau abaikan peringatan kecil. Terkadang hal kecil bisa menjadi besar kalau kita sepele. Dan terkadang hal yang sepele justru menjadi musuh obat sakit kepala.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan baca juga artikel lainnya yang membahas komputer dan tips atau trik dari acrasena. stay safe stay update acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel