Tips Memilih Antivirus Komputer

Tips Memilih Antivirus Komputer

Tips Memilih Antivirus Komputer

Tips Memilih Antivirus Komputer

Virus komputer adalah sebuah parasit program yang bisa masuk ke dalam sebuah komputer tanpa sepengetahuan penggunanya. Virus komputer bisa menggandakan diri, merusak , menyisip, dan menyebar ke seluruh bagian komputer, hingga mengakibatkan infeksi.
 
Komputer yang sudah terlanjur terjangkit virus akan banyak mengalami masalah, seperti performa menjadi lambat, file – file menjadi rusak dan tersembunyi, sistem boot error, terjadi beberapa bad sector pada storage, dan masih banyak lagi, yang pasti ini sangat menyeramkan sama dengan virus corona.
 
Secara langsung, virus sangat berbahaya dan bisa merusak perangkat lunak, secara tidak langsung pun virus juga bisa merusak perangkat keras yang dipakai di komputer kamu.
 
Sebagai pengguna sistem operasi windows, kamu harus hati – hati karena 90% lebih virus yang tersebar di dunia ini akan menyerang komputer dengan sistem operasi windows. apalagi windows 7 yang sudah tidak ada pengembangan lagi. termasuk sistem keamanannya.
 
Untuk itu, sangat dianjurkan hati – hati dan harus selalu menggunakan antivirus. apalagi jika kesehariannya menggunakan internet.
Mungkin ada beberapa orang yang masih bertanya mengapa virus – virus banyak menyerang sistem operasi windows saja. 
 
Virus ada karena memang dibuat oleh seseorang, dan orang itu ingin melemahkan penjualan sistem operasi windows, mengambil file – file penting milik orang lain, serta alasan terkuatnya adalah karena ingin meningkatkan penjualan antivirus. bisa di katakan pencipta antivirus itu yang menciptakan virusnya juga. Contoh lain misal tukang tambal ban menyebar paku di jalan agar kendaraan yang terkena tersebut menambal atau mengganti bannya di tukang tersebut.

Tips Memilih Antivirus

Antivirus adalah sebuah software yang berfungsi unuk mendeteksi dan menghapus virus yang tersebar di sebuah komputer.
 
Berikut ini beberapa tips memilih antivirus yang bagus digunakan di komputer kamu.

1.    Kemampuan antivirus

Kemampuan Antivirus Komputer

Antivirus harus mempunyai banyak kemampuan seperti mendeteksi, membersihkan, memblokir, karantina, dan masih banyak lagi. 
Makin banyak kemampuan untuk menghilangkan virus, makin bagus pula antivirus untuk digunakan.

2.    Ringan

keringanan Antivirus Komputer
Antivirus adalah sebuah software yang pastinya membutuhkan memori, prosesor, dan tempat harddisk. Usahakan cari antivirus seringan mungkin agar tidak mengganggu performa komputer yang lain.

3.    Bersihkan, jangan dihapus

bersihkan virus Komputer

Ada beberapa antivirus yang akan men-delete atau menghapus sebuah file yang sudah terjangkit virus. Padahal file tersebut sangat penting, dan karena terjangkit virus terpaksa harus di hapus. Tetapi, ada beberapa antivirus yang bisa membersihkan virus pada file yang sudah terjangkit, sehingga file yang terjangkit virus tersebut tidak perlu dihapus, hanya dibersihkan saja.

4.    Pilih sesuai sistem operasi

pilih sistem operasi Antivirus Komputer

Tidak semua komputer menggunakan sistem operasi yang sama. Ada beberapa antivirus yang digunakan di semua sistem operasi, tetapi ada juga antivirus yang tidak bisa digunakan di semua sistem operasi.

5.    Pilih sesuai penggunaan

pilih sesuai penggunaan Antivirus Komputer

Komputer digunakan dengan kebutuhan dan kepentingan yang berbeda. Ada yang digunakan untuk bermain game, untuk internetan, ada yang untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, dan masih banyak lagi. 
Makin sering komputer digunakan dengan sambungan yang luas, terlebih sambungan dengan internet, resiko terjangkit virus juga semakin besar. Jadi, kamu harus benar – benar menggunakan antivirus yang sesuai.

6.    Sertifikat dari lembaga antivirus

sesuai sertifikat Antivirus Komputer
Software antivirus yang bagus adalah yang mempunyai sertifikat dari lembaga penguji antivirus, seperti Checkmark, ICSA Labs, AV-Test, dan NSS Labs.

7.    Fitur tambahan

fitur tambahan Antivirus Komputer

Dengan perkembangannya, kini beberapa antivirus menyediakan fitur tambahan, seperti Anti Spam, Firewall, Parental Control, Internet Control, Automatic Backup Data, dan masih ada beberapa lagi.

8.    Automatic Update

Autoupdate Antivirus Komputer

Virus berkembang sangat cepat, hampir setiap hari mungkin akan ada virus – virus baru yang bisa menjangkit ke komputer kamu. Untuk itu, antivirus kamu juga harus selalu update agar bisa mengetahui virus – virus baru yang mungkin ada di komputer kamu.
 
Oke, jadi itu dia beberapa hal yang mesti di perhatikan untuk memilih antivirus, dan jangan sampai salah arah, bisa membahayakan data - data kamu kalau salah memilih antivirus. 
Sebaiknya kamu gunakan windows 10, karena windows 10 selalu update fitur keamanan dari windows defendernya, namun di windows 7 sudah tidak ada lagi pengembangan keamanan, bisa dibilang windows 7 sudah tidak di support lagi. untuk itu beralihlah dengan sistem operasi diatas windows 7.
 
Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat, seperti biasa stay cool stay classic acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel