Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Laptop atau Komputer

Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Laptop atau Komputer

Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Laptop atau Komputer

Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Laptop atau Komputer

Jika kamu baru membeli komputer atau laptop, pasti akan di kasihkan beberapa aplikasi/software yang umum di gunakan, atau jika setelah instal ulang laptop sendiri pasti akan memikirkan aplikasi apa sih yang perlu kita instal di komputer atau laptop kita, karena jika kita baru membeli atau baru instal ulang windows di toko komputer pasti akan di kasih aplikasi yang terkadang kita tidak butuhkan atau bahkan kelupaan untuk instal di komputer atau laptop kita.

Tentunya ini merepotkan jika kita tidak tahu nama aplikasi yang perlu kita instal dan kita pakai, bahkan terkadang kita hanya memakainya saja tanpa tahu tujuan yang pasti, bingung juga kalau kita tidak tahu aplikasi mana yang cocok atau wajib kita instal dan kita gunakan.
 
Nah, disini aku akan memberikan beberapa aplikasi andalan atau Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Laptop atau Komputer kamu.

Bisa kamu simak beberapa rekomendasinya di bawah ini.

1. Browser / Peramban

Browser / Peramban

Google Chrome

Software browser ini memang rajanya browser, ya karena penggunanya sangat banyak, belum lagi jika di hp android, ya jelas otomatis ada di hp kita, kan android punya google. jadi jika kalian ingin fitur yang umum maka bisa memakai software google chrome, karena browser yang satu ini memang banyak penunjangnya.

Mozila Firefox

Browser yang menurutku sangat oke untuk keperluan professionalitas yaitu Mozila Firefox, karena kecepatan yang dihasilkan menurutku sangat worth it, belum lagi memiliki beberapa fitur - fitur lengkap dan tentunya ini sangat membantu untuk keperluan multitasking dan blogging sepertiku.

Opera

Aplikasi yang satu ini memang biasa kita kenal di perangkat seluler dan juga android, aplikasi legend ini memang sangat kencang dan ringan menurutku, tak hanya di perangkat seluler saja, namun di browser juga kita bisa menginstallnya, aku sendiri memakai browser ini karena fiturnya yang cukup lengkap untuk mobilitas di dalam sebuah laptop, karena sudah dilengkapi beberapa fitur seperti di handphone, Whatsapp, Facebook Messenger, Instagram, pemblokir iklan, dan fitur - fitur lain serta VPN juga sudah termasuk di dalamnya.

Software Pelengkap Browser ( IDM )

aplikasi yang ini memang selalu jadi pelengkap beberapa browser, karena fungsi dari aplikasi ini memang di khususkan untuk keperluan Downloading Management. Internet Download Manager memiliki kecepatan download hingga 10x lebih cepat dan praktis, belum lagi adanya fitur pause yang bisa kita gunakan jika ingin mendownload file di lain waktu, dan yang aku sukai dari aplikasi ini ialah bisa mendownload secara langsung video - video di youtube serta beberapa pilihan kualitas video yang ingin di download.

2. Aplikasi Perkantoran / Office Work

Aplikasi Perkantoran / Office Work

Microsoft Office

Namanya Microsoft Office, namun aplikasi ini tidak otomatis ada setelah instal windows ya, jadi kita perlu menginstal aplikasi ini sendiri dan disesuaikan juga dengan kebutuhan pekerjaan office kita, aku saja hanya menggunakan beberapa fitur dari office ini seperti office word, excel, power point, dan access, lainnya tidak aku instal, namun jika kamu pengguna untuk keperluan kerja kantoran yang spesifik, instal saja semua / default.

Libre Office

Aplikasi yang satu ini freeware alias gratis, walaupun tidak berbayar namun fitur - fiturnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Microsoft Office.

3. Aplikasi extractor / pengarsipan file

Aplikasi Extractor / Pengarsipan File

Aplikasi Paling bermanfaat dan aplikasi yang kredibel ini tentu harus kamu instal, karena biasanya jika kita mendownload aplikasi, file tersebut terkompres dengan format ZIP, RAR, 7z, JAR, ISO, dan sebagainya. dan untuk membuka kompresan tersebut maka kita perlu meng extract filenya.
 
Aku sendiri menggunakan WinRar, tak hanya berfungsi sebagai extractor dan pengompres atau pengarsip file, software ini juga membantu untuk mengamankan data, mengunci, bahkan meringankan file. nah, sebelumnya aku sudah pernah membuat artikel Tutorial membuat file ringan hemat penyimpanan.
Selain aplikasi WinRar kamu bisa juga menggunakan aplikasi 7zip, pada dasarnya fungsinya sama saja.

4. Aplikasi Pembaca File / PDF

Aplikasi Pembaca File / PDF
 
Jika kita mendownload sebuah file perkantoran,materi atau file penting biasanya format yang digunakan ialah PDF, yang artinya Portable Document Format. suatu dokumen memiliki format khusus yang fleksibel dan dapat digunakan di komputer mana pun.
kamu bisa menggunakan aplikasi Adobe Reader atau Foxit Reader, jika kamu memerlukan aplikasi penunjang yang lebih lengkap maka bisa memakai Nitro PDF, atau jika ingin yang lebih ringan maka pakailah Sumatra PDF.

5. Aplikasi Multimedia

Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia bisa di bilang beberapa aplikasi yang biasa kita gunakan untuk keperluan sehari - hari seperti mendengarkan, menonton,mengolah, DLL.
salah satu aplikasi yang aku sarankan yaitu seperti aplikasi untuk mendengarkan musik, menonton video, dan mengolah gambar atau video tak terkecuali audionya.
Fitur Multimedia sebenarnya sudah ada defaultnya dari Microsoft, namun fitur dan tampilannya kurang menarik, maka ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan seperti ;

Untuk mendengarkan musik, kamu bisa memakai AIMP atau WINAMP
Untuk menonton video, kamu bisa memakai MPC (Media Player Classic) atau VLC (Video Lan Card)
Untuk mengolah gambar, kamu bisa menggunakan Corel Draw atau Photoscape
Untuk mengolah video dan audio, kamu bisa menggunakan aplikasi dari Adobe, seperti Adobe Premiere Pro dan Audition atau Sony Vegas Pro.

6. Antivirus

Anti Virus
Seperti yang sudah aku tuliskan di artikel Tips Memilih Antivirus Komputer, namun disini aku merekomendasikan menggunakan antivirus Kaspersky atau Avast, dan untuk tambahannya aku memakai Smadav, aplikasi buatan orang indonesia ini juga cukup membantu jika kamu selalu tukar data dengan Flashdisk. karena Smadav akan otomatis mendeteksi jika ada yang perlu di scan dan akan memunculkan hasilnya. 
 
Seperti yang sudah di jelaskan Smadav di aplikasinya bahwa Smadav ( Pro / Free ) hanya berfungsi sebagai antivirus USB Flashdisk & perlindungan lapisan ke-2, Smadav tidak berfungsi untuk proteksi total/proteksi internet, jadi anda masih memerlukan antivirus utama yang menawarkan proteksi total. 
biasanya Smadav di sandingkan dengan antivirus Avast, biasa dalam paket penjualan di marketplace.
 
Kaspersky atau Avast sama - sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing, namun itu semua tidak ada artinya jika kamu tidak selalu update antivirus tersebut, karena virus juga datangya tak di duga - duga. untuk itu rajinlah dalam melakukan update jika sering menggunakan komputer dengan koneksi internet.

7. Pembersih / Aplikasi Maintenance

Pembersih /Aplikasi Maintenance
Dari beberapa aplikasi yang sudah kamu instal tadi tentu ada yang kurang jika melewatkan sebuah aplikasi untuk perawatan laptop atau komputer kamu, bagaimana jadinya jika kamu selesai menggunakan beberapa keperluan komputer lalu membuangnya di tempat sampah namun isi dari tempat sampahnya itu masih ada dan tidak kamu buang? 
pasti akan penuh dan itu menjadikan komputer kamu lemot, tentunya kamu tidak mau itu terjadi bukan, maka dari itu aplikasi ini wajib kamu terapkan untuk mendukung komputer kamu bekerja dengan optimal tanpa ada sampah - sampah yang masih disimpan.
 
Kamu bisa pakai aplikasi CCLEANER, karena di aplikasi tersebut cukup baik untuk menangani masalah sampah - sampah masyarakat serta optimal juga dalam bekerja. dan jika ada cukup uang sebaiknya kamu beli lisensinya, supaya komputer kamu lebih optimal.

Baca Juga : Tips Trik Membersihkan PC Agar Tidak Overheating


  • TAMBAHAN

Tambahan Aplikasi
Beberapa aplikasi tersebut sudah aku rekomendasikan untuk kamu, namun pasti kamu kerepotan juga kalau harus mencari software tersebut dan mendownloadnya satu persatu, nah disini aku akan kasihkan cara shortcut atau cara tercepatnya untuk bisa mendownload beberapa sofware yang sudah kamu kantongi keperluannya,

NINITE.COM – di website tersebut kamu bisa pilih aplikasi yang ingin kamu pilih kemudian mendownloadnya sekaligus, kamu perlu run ninite maka kemudian program tersebut akan mendownloadkannya ke komputer atau laptop kamu, tungggu hingga selesai, dan otomatis terinstal dan bisa kamu gunakan aplikasinya langsung.

Oke, jadi itu dia beberapa aplikasi yang wajib kamu instal di komputer atau laptop kamu, tentunya aplikasi tersebut sangat berguna dan rekomended apabila kamu baru membeli komputer atau baru instal ulang komputer. bisa di bilang itu beberapa aplikasi standaran yang biasa ada, namun cukup membantu jika disarankan aplikasi yang lebih berguna dan tepat sasaran, supaya tidak mubazir atau malah memberatkan kinerja komputer kamu gara – gara kebanyakan aplikasi yang tidak terpakai.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan seperti biasa stay cool stay classic acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel