Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

 Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

Apa itu Blog?

Apa yang bisa kita lakukan di Blog?

Apa yang kita dapatkan di Blog?

Kenapa harus Blog?

Menjawab pertanyaan tadi, yang sebenarnya aku tanyakan kepada diri sendiri dan semoga ini bisa membantu tanpa perlu menanyakan lagi karena aku sendiri akan memberi jawabannya, namun secara bahasaku sendiri, dan semoga bisa di pahami.
 
Mendengar kata blog pasti agak asing di zaman sekarang yang serba visual digital, kebanyakan orang malah tahunya vlog, padahal vlog sendiri berarti video blog, bisa di plesetkan orang yang membuat blog sekarang membuat video, namun sebenarnya ada perbedaannya juga, atau bisa dibilang dua elemen ini sering di persepsikan berbeda karena orang menilai segala sesuatu dari mayoritas orang yang biasa menggunakan atau menampilkan.
 
Dalam kamus mayoritas orang awam yang melihat ini semua dimana kata vlog itu identik dengan aktifitas yang dilakukan orang untuk membuat konten, entah itu youtube, instagram, bahkan tik-tok. Entah itu aktifitas melakukan apa saja, asal ada suara orang itu yang dinamakan vlog.
Tentunya vlog lebih menarik daripada blog soal penyajian konten, karena vlog unggul di visual dan lebih ke personal dan hiburan semata.
 
Namun dalam dunia informasi dan mencari sebuah jawaban atas segala permasalahan dan keluh kesrah blog sudah pasti menjawabnya. 
Materi apa yang kamu butuhkan di internet blog memberi jawabannya. 
Studi apa yang kamu jalani dan hal apa yang kamu ingin pelajari bloglah jawabannya.
 
Banyak blogger yang beralih ke vlog dan banyak pula vlogger yang membuat blog.
dan tak sedikit pula yang merangkap keduanya, wah.

     

 

Apa itu Blog?

Blog ialah sebuah media yang berisi berbagai artikel untuk berbagi informasi, jurnal pribadi, dan media untuk bertukar pikiran yang ada di internet dan dapat di akses langsung ke alamat blog itu sendiri.

Jika kamu mencari informasi di google dan kamu mendapatkan link yang mengarah ke tulisan ini sudah pasti kamu orang yang mau membaca artikel, dan bisa dipastikan kamu juga pasti akan tertarik dengan sebuah tulisan dari beberapa blog yang lain yang kemudian kamu juga akan berfikir,
 
Kenapa aku juga tidak mencobanya?
 
Kenapa aku hanya sebagai pembaca saja kalau bisa menjadi sebuah penulis?
 
Kenapa aku hanya menulis di buku atau notepad saja kalau aku bisa menulis di sebuah blog dan semua orang bisa melihat tulisanku diinternet?
 
Ya, jawabannya adalah Membuat Blog.
 

Apa yang bisa dilakukan di Blog?

Banyak, contoh misal kamu suka menulis, ya ngeblog aja, jadikan tulisan kamu terpublish dan jadikan tulisan kamu bernilai.
Kamu punya identitas yang jelas ya tentu, kamu dapat personal branding ya jelas, kamu punya kredibelitas ya apalagi tentu jelas pastinya.

 

Apa yang bisa kita dapatkan di Blog?

Pengalaman, ilmu yang bermanfaat, dan personal branding yang kredibel.
Jadikan tulisan kamu bernilai dan bisa mendapat uang dari tulisan kamu, ya tentu dan pastinya butuh proses juga ya. 

 

Kenapa Harus Blog?

Karena Blog itu Murah, Mudah, dan Berkah
 
Kenapa Murah? Murah karena di blogger.com tidak perlu membayar sewa hosting tetek bengek lainnya dan sebagainya.
 
Kenapa Mudah? Karena di blog kita hanya butuh perangkat sederhana yang speknya rendah, misal dengan laptop jadul atau dengan hp apa adanya asal bisa konek dengan internet, serta bisa dilakukan dimana saja, asal ada ide untuk membuat konten dan menuliskannya.
 
Kenapa Berkah? Karena dengan kita membagi tulisan atau cerita kita yang kemudian tulisan kita di baca orang lain dan orang lain merasakan manfaat serta mendapat apa yang dia cari tentu kita juga membantu mereka secara tidak langsung, yang pasti berkah karena bisa berbagi ilmu berbagi pengalaman.
 
Tambahan lagi, WaH?, karena tidak semua orang mampu melakukan ini dan tidak semua orang mau melakukan ini, semakin langka di pasaran semakin WAH sesuatu itu, itu kenapa memiliki blog merupakan suatu nilai lebih untuk personal branding dan kredibelitas kita.
 
Lalu bagaimana caranya memulai? kok banyakan bacotnya bang?
 
Okelah jika sudah sedikit terbantu dengan wejangan amburadulku kemudian aku akan membahas dan membuatkan tutorial bagaimana caranya membuat blog gratis dengan hp di blogger.com
 

Lalu bagaimana caranya membuat blog pemula gratis dari hp?

Oke, mari kita simak langkah – langkahnya sebagai berikut:
 

1.    Hal yang wajib kamu punyai yaitu E-Mail dari Google, GMAIL.

Masuk ke link alamat blogspot di www.blogger.com lalu Create Your Blog 

 
Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp
 

2.    Masukan Alamat E-Mail kamu, Next dan Password E-Mail kamu

 
Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

3.    Klik bagian garis tiga pojok kiri atas, kemudian klik Buat Blog

 
Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp
 

4.    Pilih nama untuk blog kamu,  masukkan nama terserah dan bebas, karena ini akan muncul di bagian atas blog kamu nanti. bisa di bilang judul. maksimal 100 karakter ya, Lalu Berikutnya

 
Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

5.    Pilih URL blog kamu, ini yang mesti pikirkan karena ini sebagai alamat blog kamu nantinya, dan usahakan buat yang sederhana serta mudah diingat dan sebaiknya jangan gunakan kata hubung atau nomor. 

Coba saja memasukan nama URL kamu, namun jika tidak bisa berarti kamu harus cari alternatif lain namanya, supaya tulisan di bawahnya menampilkan tersedia dan kamu bisa berlanjut ke tahap berikutnya. Klik Simpan

 
Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

6.    Selesai, langkah awalnya seperti itu, dan kamu bisa mencoba posting atau mencoba fitur – fitur yang ada di blogger tersebut.

Untuk mengeceknya kamu bisa klik garis tiga di kiri atas kemudian lihat paling bawah dan klik Lihat Blog

Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp
Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp
Cara Membuat Blog Pemula Gratis dari Hp

Dan Selamat, kamu berhasil membuat landing page sederhana dari Blogger.com
Tentunya ini langkah awal untuk kamu menjadi penulis di Blogger.

Cukup mudah bukan? Tentu sangat mudah, namun bagaimana setelah itu dan bagaimana kita melakukan optimasi agar dapat menampilkan tulisan dengan baik serta menggunakan fitur – fitur yang tersedia?
 
Langkah itu akan aku bahas di artikel lainnya, dan jika kamu suka dengan artikel atau tulisan aku kamu bisa bookmark blog ini.

    Baca Juga : Inspirasiku Bersama Blogger
 
Semua yang sudah kamu pahami dan kamu praktekkan ini membuka pintu pertama kamu untuk berkarya kedepannya, karena di dunia yang serba digital ini kita juga harus adaptasi dengan kehidupan ini, tak terkecuali dengan membuat blog untuk personal branding atau lebih dari itu semua bisa. 
Asal ketekunan dan konsistensi, itu merupakan formula untuk mendapatkan apa yang kita mau dan tanpa yang kita mau terkadang bisa datang sendiri, asalkan selalu tetap berkarya sekecil apapun itu.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel lainnya sukses selalu dan selamat berkarya.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel