Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

 Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Tanpa disadari ruang penyimpanan yang penuh pada android akan memunculkan berbagai macam permasalahan, dikarenakan kita tidak memanajemen android kita dengan baik, kurangnya kesadaran dalam mengelola android terkadang bisa berdampak buruk bagi smartphone kita.

Contohnya jika ingin mendownload namun file penyimpanan tidak mencukupi, melambatnya kinerja hp,  gagal menjalankan aplikasi, hingga hilangnya data – data penting.

Untuk mengoptimalkan penyimpanan yang penuh serta mengamankan data penting, maka di perlukan sebuah aplikasi tambahan yang tentunya aplikasi tersebut akan mempermudah dalam menjalankan tugasnya.

Di artikel kali ini aku akan share sebuah aplikasi dari Google, yaitu Files by Google : Bersihkan ruang di ponsel anda.

Kenapa perlu mencoba Files by Google?

Karena aplikasi ini gratis , ringan dan tanpa iklan, serta fitur yang di milikinya antara lain :

1.    Mengosongkan ruang penyimpanan, membersihkan file sampah dan cache, meningkatkan performa perangkat, serta mengoptimalkan performa smartphone.

2.    Dapat menemukan file dengan cepat, memiliki berbagai bagian penyimpanan dan dapat ditemukan semuanya dengan cepat dan mudah.
 
3.    Memiliki fitur sharing, dimana kita bisa membagikan foto, video, file besar, hingga file APK atau aplikasi lain.  Dengan kecepatan hingga 480 Mbps melalui jaringan wifi yang terenkripsi.
 

Lalu bagaimana caranya mendapatkan aplikasi Files by Google tersebut?

Kamu bisa download aplikasi Files by Google dengan Playstore. Ketik saja di pencarian dengan kata kunci Files Go. Kemudian download.
 
Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Apa yang bisa dilakukan di Files by Google ?

Di bagian tab Bersihkan kamu bisa Pilih dan Kosongkan (ukuran) file kamu, karena aplikasi file tersebut akan merekomendasikan. 
Lalu tinggal pilih file mana yang tidak penting, tandai filenya lalu hapus. 
Sementara itu kamu harus hati – hati manakala ada file penting yang ke tandai lalu ikut kehapus, karena file yang terhapus bersifat permanen dan tidak bisa di urungkan.
 
Aplikasi Manajemen File Android Terbaik
 
Atau jika kamu ingin mencari file mana yang paling besar kamu bisa pindah tab ke Cari
lalu pilih kategori mana yang ingin kamu cari file besar tersebut, 
misal masuk ke file Download, lalu tap titik tiga di pojok kanan atas, kemudian urutkan menurut, pilih terbesar dulu, maka akan tampil file yang paling besar berada di atas,
dan selanjutnya kamu seleksi, untuk kamu hapus, atau ingin di bagikan, ganti nama, buka dengan aplikasi lain, pindahkan ke folder aman, dan bisa pula kamu cadangkan ke Google Drive.
 
Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Bagaimana cara membuat folder aman di Files by Google?

Kamu bisa pilih tab Cari, geser paling bawah kebagian koleksi, dan pilih folder aman.
Lalu buat sebuah PIN 4 digit, pilih kombinasi angka, berikutnya dan konfirmasi PIN kembali untuk memastikan kamu tidak salah memasukkan nomor PIN diawal. 
Namun perlu di ingat karena folder aman tidak dapat dibuka kembali jika sampai kamu lupa PIN tersebut. 
Setelah selesai maka kamu bisa memindahkan file yang ingin kamu amankan dan kamu hanya bisa membuka folder tersebut dengan PIN yang sudah kamu buat tadi. 
Dan cara memindahkan file ke folder aman sama seperti kamu memilih file tadi, pilih bagian titik tiga yang disamping file dan pindahkan ke folder aman.
 
Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Bagaimana cara agar file dapat dicadangkan ke Google Drive ?

Caranya kamu pilih file mana yang akan kamu cadangkan / back up, lalu pilih titik tiga bagian samping file tersebut, pilih cadangkan ke Google Drive, beri nama dan tempatkan ke folder mana terserah, dan pastikan email google drive kamu benar, kemudian simpan. 
Maka file akan terupload di Google Drive kamu, dan kamu bisa cek ke akun Google Drive kamu.
 
Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Bagaimana cara membagikan file di aplikasi Files by Google ?

Kamu bisa pilih tab Bagikan, lalu pilih Kirim, tunggu hp yang akan menerima file itu menerima konfirmasi, maka akan tampil nama orang yang di sekitar, pilih nama si penerima tersebut, maka akan ada id koneksi dan si penerima harus menekan hubungkan, dan terhubunglah kedua hp tersebut, tinggal pilih kamu ingin membagikan file apa lalu tandai, kemudian kirim, maka file sampai di hp si penerima dan tersimpan, kamu bisa cek di hp penerima bagian tab Cari, akan ada file terbaru hasil dari pengiriman tadi, Selesai.
 
Aplikasi Manajemen File Android Terbaik

Oke, jadi itu dia langkah – langkah yang bisa kita lakukan di aplikasi Files by Google, aplikasi ringan yang sangat efisien untuk keperluan mobilitas dan baik untuk pengoptimalan smartphone kamu,
Terima kasih telah membaca artikel ini dan baca juga artikel – artikel lainnya, selamat berkarya dan always stay in here acrasena.
 
 
 

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel