Tips Trik Membersihkan PC Agar Tidak Overheating

Tips Trik Membersihkan PC Agar Tidak Overheating

Tips Trik Membersihkan PC Agar Tidak Overheating

 Tips Trik Membersihkan PC Agar Tidak Overheating

Dalam dunia komputer nama prosesor sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena prosesor merupakan otak dari segala otak, dalang dari segala dalang biangnya komputer dapat bekerja, dapat memproses data apa yang kita perintahkan.  

Prosesor merupakan sebuah chip berupa IC ( Integrated Circuit ) yang berada di dekat soket motherboard. Prosesor berguna untuk mengontrol keseluruhan sistem komputer.

Fungsi dari prosesor adalah untuk membagi pekerjaan pemrosesan data ke seluruh komponen.
Tak hanya RAM saja yang menanggung beban aplikasi yang sedang berjalan, prosesor juga ikut serta menanggung semua memori. Semakin banyak aplikasi yang berjalan tentu semakin berat pula kinerja prosesor, itu berarti berakibat pada lemotnya komputer kalian.

Ada beberapa jenis prosesor dan terus dikembangkan untuk memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan, terutama pekerjaan berat yang memerlukan kinerja prosesor untuk melakukan suatu pekerjaan dengan cepat. Mulai dari Intel dan Amd, yang selalu saingan memberikan kinerja terbaik untuk memudahkan manusia. Biasa kita kenal kubu biru dan kubu merah.

Baca Juga : Tips Trik Membeli Laptop Sesuai Kriteria Kebutuhan 

Diluar dari kubu itu yang selalu memanas dalam bersaing, tentunya ada yang lebih panas lagi, bahkan lebih berbahaya bagi komputer kita, ya, Overheating Prosesor. Panasnya prosesor berakibat pada lambatnya komputer kita dalam bekerja.

Kenapa bisa overheating?

Ada beberapa hal yang mengakibatkan overheating prosesor,
Pertama adalah karena komputer terlalu lama digunakan.
Kedua yaitu banyaknya aplikasi dan perintah yang dijalankan di komputer.
Dan yang ketiga karena prosesor dan kotak CPU kotor sehingga sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga : Tutorial Uninstall Aplikasi yang sudah tidak terpakai 

Tentunya ini sangat merepotkan sekali, namun di artikel ini aku akan memberikan tips dan langkah – langkah untuk membersihkan prosesor dan kotak CPU. 

1.    Pastikan tidak ada aliran listrik yang tersambung pada komputer. Jika ada ini bisa buat kita senam jantung sebentar, pastikan hal – hal yang bisa menghantarkan aliran listrik di jauhkan.

2.    Buka casing kotak CPU. Gunakan obeng plus, atau jika bautnya mendukung membuka pakai tangan, itu lebih enak.

3.    Lepaskan satu per satu komponen hardware yang ada dalam kotak CPU, seperti harddisk, power supply, fan, VGA card, heatsink, dll.

Lepas komponen pc untuk dibersihkan dari debu

4.    Bersihkan komponen yang sudah terlepas tersebut. Tentu CPU juga di lap, namun tidak perlu kalian cuci dengan air.

5.    Gunakan kuas lembut dan kering untuk membersihkan semua komponen. Biasanya aku memakai kuas cat yang lebih murah. Untuk lebih aman, gunakan blower untuk membersihkan. Jangan gunakan cairan apapun untuk membersihkan komponen tersebut. Jangan seperti mencuci piring.

Blower kamera yang digunakan untuk membersihkan komponen pc dari debu

6.    Untuk RAM dan VGA, bersihkan kaki komponen menggunakan penghapus pensil. Namun hati – hati jangan terlalu bersemangat menggosoknya, berakibat pada kuningan yang mengelupas kan repot.
 

bersihkan komponen dari debu dengan kuas cat kering

7.    Untuk heatsink, hati – hati saat melepas kabel ataupun baut. Jangan terlalu keras memaksa karena jika terlalu memaksa bisa berakibat rusaknya motherboard. Santai namun sedikit kasih feeling tegas, biar gampang dilepas. Jangan ngegas atau berfikir panas.

8.    Lepas prosesornya dari kuncian, hati – hati saat membersihkan prosesor, karena komponen ini sedikit sensitif, pelan – pelan saja, alon – alon asal kelakon.
Jika ada kerak yang menempel, jangan kasih sunlight, ingat, ini bukan seperti mencuci piring.
Itu adalah thermal paste yang mengering, bukan ampas copy yang mengering juga.
Bersihkan thermal paste yang sudah berkerak dengan hati – hati, bisa kalian gunakan cutton bud, pembersih telinga.

Prosesor yang di thermal paste agar tidak terjadi overheating yang berlebih

9.    Jika sudah dibersihkan, pasang kembali dan beri thermal paste yang baru. Ini bertujuan supaya otak dari komputer  kalian itu tidak gampang panas, pikirannya. Bisa di bilang thermal paste ini sebagai pelumas pendingin yang bekerja sama dengan heatsink. Jangan salah kasih odol tapi ya.

10.    Jika semua sudah beres, maka tinggal kalian pasang kembali itu komponen – komponennya seperti semula. Tentunya kalian tidak lupa kan, kalau lupa repot juga urusannya.

Mungkin itu saja, tips dan langkah – langkah yang bisa aku share, dan semoga bermanfaat, atau sedikit terhibur dengan tulisan amburadul ini. 

Baca Juga :  Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

Perlu diingat jika kalian mengalami kendala atau kerepotan maka sebaiknya di bawa ke tukang ahlinya, kecuali kalau kalian mau belajar dan siap resiko jika ada kelalaian.

Tentunya harus berhati – hati jika berurusan dengan komponen elektronik.

Namun jika tidak mencoba sendiri bagaimana mau bisa, bagaimana kita belajar nyata.

Silakan bisa kalian praktekkan, dan tentunya resiko ditanggung sendiri.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan seperti biasa, stay cool stay classic acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel