Tutorial Membuat Foto Menjadi Panorama di Instagram, Foto nyambung tanpa Garis

Tutorial Membuat Foto Menjadi Panorama di Instagram, Foto nyambung tanpa Garis

Tutorial Membuat Foto Menjadi Panorama di Instagram, Foto nyambung tanpa Garis

Acrasena.id - Dalam dunia fotografi kita mengenal Panorama, dimana pada smartphone sekarang kameranya sudah dilengkapi dengan fitur panorama, fungsi bawaan dari kamera ini merupakan foto yang dihasilkan dari penggabungan beberapa gambar untuk membentuk hasil foto yang lebar memanjang, bisa dikatakan foto landscape plus plus, dengan hasil penangkapan 180 derajat hingga 360 derajat sudut pandang.

Umumnya membuat foto panorama biasa digunakan untuk memotret pemandangan alam, karena pandangan kita yang luas melihat keindahan alam secara bebas, hingga kita tertarik untuk mengabadikan apa yang terlihat dimata kita. kemudian muncullah fitur panorama. yang bisa kita gunakan tanpa perlu memakai aplikasi lain. 
Tentunya ini tergantung kebutuhan dan kreatifitas kita dalam proses pengambilan gambar yang kita inginkan. jika ingin hasil yang bagus dan maksimal maka perlu menggunakan aplikasi tambahan dan perangkat tambahan.


Jika kita sudah mendapat hasil foto yang diharapkan, maka hal yang paling penting adalah menampilkan atau mengunggah hasil foto kita ke sosial media, bisa dibilang sosial media dengan banyak penggemar visualnya yaitu instagram. karena disana kita bisa berkarya, berekspresi, dan pamer kreatifitas.
 
Bagi orang awan yang baru di instagram terkadang kita heran jika melihat postingan atau feed instagram orang lain yang unik, belum lagi jika kita melihat sebuah gambar yang bisa nyambung, 1 gambar bisa jadi 2 slide dan gambar itu tidak ada garis pemutusnya. seperti sebuah panorama yang kita hasilkan dari memotret. dan itu bisa di posting ke instagram dengan resolusi maksimal yang tersedia di instagram.
 
Padahal diinstagram sendiri tidak menyediakan layout untuk panorama agar dapat dilihat dengan resolusi maksimal, namun hasil fotonya bisa kita lihat dengan cara menggesernya tanpa ada garis yang memotong, bisa dibilang ini seperti sebuah film yang berjalan dengan halus.

Lalu, bagaimana caranya membuat gambar panorama diinstagram?

Nah, disini aku akan share bagaimana cara membuat gambar seperti itu, simak caranya sebagai berikut :
 
1. Kalian harus punya atau download software / aplikasi androidnya dulu di Play Store, namanya Grid Maker for Instagram
sebenarnya banyak aplikasi lain yang serupa, namun disini aku menggunakan aplikasi tersebut, menyambung dari Tutorial sebelumnya Tutorial Membuat Foto Kotak - kotak  Instagram / Grid Maker Instagram
 
2. Kalian buka aplikasinya, dan disitu kalian di hadapi sebuah tampilan, kalian tinggal pilih saja yang bernama Panorama Cut.
setelah itu kalian akan diarahkan ke galeri, atau penyimpanan foto kalian, tinggal pilih saja foto mana yang akan kalian jadikan panorama.

3. Disana kalian akan diberi pengaturan untuk mengatur berapa banyak potongan / gambar yang akan menjadi satuan, agar di upload nanti gambarnya berderet horizontal / memanjang seperti foto panorama.

4. Jika sudah kalian bisa centang simbolnya, dan secara otomatis foto akan terpotong, terbelah, terpisah, kalian bisa Save hasilnya, yang kemudian nanti bisa kalian upload di instagram kalian.
jika jaringan data kalian aktif, biasanya akan muncul iklan. karena aplikasi ini gratis. kecuali kalau kalian mau membeli lisensinya.


Jadi seperti itu caranya, yang perlu kalian ketahui jika ingin membuat fotonya menjadi nyambung atau panorama point utamanya yaitu gambar kalian juga paling tidak harus dominan horizontal atau landscape, karena jika lebih dominan vertikal maka besar kemungkinan akan terpotong, oleh karena itu lebih baik gunakan foto yang sudah diseting sebelumnya, agar tampilan hasil yang diberikan sesuai dengan apa yang kita harapkan.
 
Oke, itu saja, dan jika masih bingung kalian bisa lihat video tutorialnya di Youtube, atau dibawah ini.
Selamat mencoba dan semangat berkarya. Terima kasih. stay cool,stay classic,acrasena.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel