Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag


Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

Sering kali kita mengalami kesal dengan laptop kita yang lemot atau not responding, yang lebih kesal lagi jika kita membuka program loadingnya lama. Jika masalahnya seperti itu maka solusinya adalah dengan menyimak artikel berikut, kemudian kalian bisa mempraktekkan sendiri. Karena caranya cukup mudah.

Tidak perlu Instal ulang, kalau kalian ragu instal ulang karena takut data – data sistem yang tersimpan akan hilang. Karena cara ini cukup sederhana. Jadi sumber masalah performa laptop ada di sebuah tampilan. Makin banyak tampilan yang keluar di laptop kalian maka makin banyak pula beban yang harus dipikul laptop kalian, dalam hal ini contohnya adalah  jika kalian memasang Widget, atau memakai Thema Custom / Thema pihak ketiga selain dari windows.

Tutorial ini diperuntukkan bagi kalian yang memakai laptop kentang, laptop dengan spesifikasi yang rendah, Contoh; Laptop Dual Core dengan Ram 2 GB, Karena masalah yang akan kita hadapi terletak di sebuah Thema atau tampilan dari windows yang kira pakai.

Jadi disini kita akan merubah sebuah tampilan standar windows menjadi Thema Klassik. Dalam hal ini jika kalian tidak suka dengan tidak ada tampilan menarik atau tidak suka dengan Kesederhanaan dalam berumah tangga, tidak disarankan untuk merubah tampilan ini. Namun jika kalian memikirkan segi kinerja dari laptop kalian, cara ini bisa kalian coba. Karena yang terpenting adalah kita bisa mencapai tujuan tertentu tanpa memikirkan fasilitas tertentu.

Ok langsung saja bisa kalian ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.    Di Tampilan awal / Dekstop  Klik Kanan => Personalize
 
Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

2.    Akan tampil beberapa Thema bawaan dari windows. Dan kita pilih saja dengan Thema Klassik / Windows Classic
 
Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

3.    Sampai Disini sudah selesai sebenarnya, karena di dalam thema itu sudah menghilangkan beberapa komponen yang tidak diperlukan karena akan membuat kinerja laptop berat.
Disini AcraSena mendesign sendiri beberapa komponen dan menyimpan Thema tersebut. Kalian bisa coba sendiri merubah Wallpaper dan Windows Color agar tidak jenuh juga dengan tampilan Classic, kita buat Classic tapi Asik.
Bisa kalian lihat perbedaan yang Classic Dengan Thema Windows Standar.

 Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti LagTutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag
 

Disini AcraSena sendiri juga menerapkan komponen – komponen yang bisa membantu laptop berkerja lebih optimal tanpa mengurangi kebutuhan yang biasa kita butuhkan untuk menggunakannya. Kalian bisa ikuti konsep yang AcraSena pakai.

1.    Masuk Ke Control Panel  kemudian klik System.

 Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

2.    Kemudian akan diarahkan kesebuah tampilan spesifikasi laptop yang kita pakai, kita klik Advanced System Settings.
 
Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

3.    Akan muncul tampilan System properties, Pilih Advanced kemudian klik Settings.
 
Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

4.    Disini AcraSena Menggunakan Custom Komponen yang AcraSena sendiri perlu. Bisa kalian coba juga seperti berikut.
 
Tutorial Cara Membuat Laptop Ringan Anti Lag

OK, jadi itu dia beberapa langkah yang AcraSena gunakan dalam membuat laptop agar lebih optimal performanya. Dan yang pasti cara ini akan terasa ringan bagi laptop kentang. Gerakan yang lebih responsif dan cepat untuk membuka sebuah program.

Itu saja yang AcraSena share disini dan semoga bermanfaat, jika cara ini masih bisa dilakukan maka tak perlu untuk instal ulang agar laptop ringan. Namun jika laptop kalian terkena virus, alternatifnya adalah instal ulang laptop. Atau bahkan beli laptop sultan?
Sampai jumpa di Tutorial lainnya dan seperti biasa, See you on the next time, stay classic, AcraSena.

1 komentar

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel