Tips dan Trik Menulis / NgeBlog Ala AcraSena

Tips dan Trik Menulis / NgeBlog Ala AcraSena

Tips dan Trik Menulis / NgeBlog Ala AcraSena

Tips dan Trik Menulis / NgeBlog Ala AcraSena

Assalamulaikum Wr. Wb.

Apa sih menulis itu ?

Menulis yaitu sebuah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Dalam pengertian lain, menulis adalah kegiatan untuk menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat dipahami oleh pembaca dan berfungsi sebagai alat komunikasi secara tidak langsung.

Kalau kita menulis mungkin beban pikiran yang ada dalam diri kita jadi terlampiaskan, nah ini sangat cocok untuk kamu yang berjiwa introvert, dimana kamu lebih suka menampilkan karya tulis, keluh kesah dan inspirasi yang ingin kamu tuangkan ke dalam tulisan. 

Beda lagi kalau kita tidak hobi ataupun suka dalam menulis, biasanya lebih banyak dari kita yang suka melihat, menonton, daripada menghasilkan karya ataupun seni teks. tentunya ini setiap personal berbeda - beda tergantung pribadi kita.

Namun, aku yakin kalau kalian sudah menemukan tulisan ini dan membaca, pasti kalian adalah jiwa - jiwa pembaca dan penulis. iya karena dalam tulisanku ini merupakan sebuah artikel yang menjelaskan kepada kalian yang ingin menjalani dunia tulis - menulis. entah itu offline atau online, dunia blogging atau dunia sosial media. ini semua tergantung kalian, mau menerapkannya dimana.

Okelah, langsung saja kita ke topik pembahasannya,

Berikut adalah tips menulis dari aku sendiri yaitu :

 

1. NIAT

Niat itu penting bagi awal dari kita mulai menulis, kalau niatnya menggambar kan kita jadi tidak bisa menulis? siapkan waktu untuk meniati sebuah keinginan, karena jika tidak menginginkan sesuatu pasti tidak memakai niat. kok muter ya? Bismillahirrahmanirrahim, Itu tips yang pertama.

 

2. PERALATAN

Peralatan yang kita gunakan untuk menulis yaitu bolpoin/pensil, buku/tempat untuk menulis, dan juga laptop/ komputer/ handphone untuk dapat berbagi tulisan ke publik. ini tergantung kalian mau bagaimana dan mau menerapkannya dimana. karena memakai hp pun sekarang bisa.

(amunisi : pulsa, kuota, wifi, koneksi/jaringan. bagi kalian yang mau mempublish karya tentunya harus ada amunisi yang di butuhkan bukan ? )

 

3. KONSUMSI

Konsumsi juga penting bagi kita untuk mulai tulis - menulis, misalkan kalau kita lapar dan perut kita kosong saat mau menulis?

Pikiran kita pasti akan blank, kalau kita tetep paksakan untuk menulis, tulisan kita bakal jadi tidak karuwan. Istilah kamus jawanya “weteng ngeleh pikiran ngaleh” (artinya : perut lapar pikiran pindah) jadi? Makanlah yang cukup agar dapat menulis. 

(amunisi : kopi,biskuit,air putih untuk penetralisir ini bagi kalian yang mudah bosan dan suntuk pastinya menu wajib yang harus kalian sediakan, kecuali puasa )

 

4. PILIH TEMPAT / SUASANA YANG NYAMAN & BEDA

Hal ini perlu, karena mood kita menulis juga tergantung pada tempat / suasana, suasana yang baik akan membuat tulisan kita menjadi harmoni dan tempat yang baik akan membuat tulisan jadi berbobot dan rapi.

Carilah tempat yang sejuk, asri, dan bersih.misalnya di pegunungan / biasanya inspirasi kita akan muncul jika kita duduk sendiri sambil melihat pemandangan yang jauh dari jangkauan mata. 

( tentunya ini mudah bagi kalian anak pedesaan yang terjangkau dengan nuansa alam dan keluasan daerah, berbeda dengan kalian yang tinggal di kota, namun bagi kalian yang tinggal di kota aku sarankan jauhi dari tempat kebisingan, jadi, kalau tidak bisa ke tempat yang tenang maka buatlah diri kalian tenang, misal dengan cara memakai headset, sambil dengerin podcast juga bisa, bagi kalian yang tetep fokus bisa menulis dengan tujuan kalian menulis )

 

5. PERBANYAK MEMBACA

Membaca adalah gudangnya ilmu, gudangnya inspirasi, dan gudangnya pengetahuan. carilah referensi sebanyak-banyaknya. sering - sering membaca bacaan yang terbaru maupun yang lama. Jadi, banyak-banyaklah membaca agar tulisanmu jadi lebih inovatif, kreatif dan inspiratif.

Tentunya jika kalian sudah sampai disini aku yakin kalian sudah membaca, ya sedikit tips namun setidaknya ini membantu kalian dalam hal tulis - menulis. tentunya aku sendiri juga masih belajar banyak tentang menulis yang baik dan benar, dan kalau kalian tahu, kalian sedang membaca tulisan dari seorang yang baru belajar juga dalam dunia tulis - menulis, ya walaupun aku sendiri masih belajar namun setidaknya aku juga turut serta ikut membantu bagi kalian yang baru juga, karena pada prinsipnya disini kita berbagi dan belajar bersama walaupun apa adanya.

Salam Sukses dan Salam Inspirasi!!

Selamat menulis!!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Berkomentarlah jika ada hal yang ingin ditanyakan sesuai Artikel